Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2024, 08:00 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber BestLife

KOMPAS.com – Setiap orang pasti memiliki gaya uniknya sendiri, dan isi lemarinya bisa mencerminkan seperti apa penampilannya.

Meskipun kita merasa barang-barang yang disimpan adalah yang terbaik, tetapi mungkin ada beberapa yang membuat kita menjadi terlihat lebih tua saat memakainya. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah gaya sepatu.

Angela Foster, seorang pelatih gaya, menjelaskan kepada Best Life bahwa sepatu adalah salah satu penentu penampilan kita. Sepatu bisa mengubah gaun biasa menjadi busana yang sangat modis, tetapi juga bisa merusak penampilan yang seharusnya keren.

“Pemilihan sepatu sangat penting. Kabar baiknya adalah sepatu yang modis tidak harus tinggi atau tidak nyaman, dan sepatu yang nyaman tidak harus kurang menarik,” jelasnya.

Baca juga: 5 Kesalahan Penggunaan Maskara yang Bikin Wajah Tampak Tua

Sepatu yang membuat tampak tua

Menurutnya ada beberapa jenis sepatu yang bisa membuat penampilan menjadi lebih tua, berikut adalah listnya.

1. Terlalu banyak hiasan

ilustrasi sepatu dengan banyak hiasan motiffreepik ilustrasi sepatu dengan banyak hiasan motif

Foster mengatakan sepatu yang terlalu banyak aksesoris akan terlihat ramai dan mungkin tidak cocok untuk dipakai.

Lebih khusus lagi, dia menyarankan kita menghindari apa pun yang mungkin terlalu funky ketika dipakai oleh model.

“Memakai sepatu dengan warna yang berlebihan atau memiliki banyak hiasan dapat membuat kita terlihat lebih tua dan terkesan berusaha untuk menjadi trendi, “ jelas Foster.

2. Wedges

ilustrasi sepatu wedgesfreepik ilustrasi sepatu wedges

“Ada sesuatu yang terlihat kuno mengenai sepatu wedges, terutama yang memiliki hak rendah dan ujung bulat, ” kata image stylist bersertifikat Elizabeth Kosich, pendiri Elizabeth Kosich Styling.

Elizabeth melanjutnya bahwa wedges berujung bulat terlihat kurang modis dan menyarankan memakaiyang berujung pointed (lebih runcing) atau almond toe.

“Siluetnya cenderung terlihat kurang modis, jadi carilah desain yang lebih ramping seperti wedges yang berkontur, bentuk almond-toe atau pointed, dan gaya vamp tinggi atau potongan rendah untuk tampilan yang lebih kontemporer dan tidak kuno,” lanjutnya.

Baca juga: Tips Bergaya untuk Pria agar Tidak Terlihat Lebih Tua

3. Sepatu dengan sol super rendah

Ilustrasi sepatu Ballet flat Ilustrasi sepatu Ballet flat
Menurut Foster, sepatu dengan style seperti ini akan terasa tidak nyaman. Meskipun kitten heels sedang tren saat ini, pilihan dengan sol sangat rendah bisa terkesan sebagai "sandal rumahan," kata Foster.

“Selain itu, ketika dipakai akan terasa tidak nyaman karena tidak sesuai dengan proposi tubuh seseorang dan akan membuat sakit ketika berjalan, sehingga memberikan kesan tua,” ucapnya.

Untuk itu, opsi yang tepat adalah menggabungkan kenyamanan dengan style, dan Foster menyarankan sepatu dengan platform datar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com