Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Manggung Selama Ramadhan, Nasida Ria Bagikan Tips Puasa Lancar

Kompas.com - 15/03/2024, 21:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan tahun ini tampaknya menjadi momen yang penuh berkah bagi grup kasidah Nasida Ria.

Selain karena kolaborasi terbarunya dengan JKT 48 yang diinisiasi oleh Google Indonesia, Nasida Ria rupanya juga sudah memiliki banyak jadwal manggung, baik di tempat asalnya Semarang maupun di luar kota.

Baca juga:

Meski disibukkan dengan jadwal manggung, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat grup ini untuk tetap menjalankan ibadah puasa.

Ditemui usai acara Google bertajuk Ini Ramadan Kita di Jakarta pada Kamis (14/3/2024), beberapa personel Nasida Ria pun membagikan tips agar puasa tetap lancar di tengah jadwal manggung yang padat.

Kolaborasi grup kasidah Nasia Ria dan JKT 48 yang diinisiasi oleh Google Indonesia untuk menyambut bulan Ramadhan.Dok. Google Indonesia Kolaborasi grup kasidah Nasia Ria dan JKT 48 yang diinisiasi oleh Google Indonesia untuk menyambut bulan Ramadhan.

Tips puasa tetap lancar ala Nasida Ria

Menurut salah satu personel Nasida Ria bernama Afuwah (56), sebenarnya tidak ada tips khusus untuk menjaga stamina dan kebugaran selama puasa.

Salah satu hal paling penting bagi dirinya dan personel lain adalah banyak minum air putih saat sahur dan berbuka serta istirahat yang cukup.

Baca juga:

Ketika ditanya soal pantangan makanan saat puasa, baik Afuwah dan personel lain, Alfiatul Khoiriyah (20), sepakat bahwa tidak ada makanan yang dihindari.

"Apalagi gorengan ya, itu justru yang paling tidak bisa dihindari kalau Ramadhan. Malah penting saat berbuka," kata Alfiatul.

Sebelum manggung, grup dengan 12 personel itu biasanya melakukan latihan seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Kendati padatnya jadwal manggung, intensitas latihan pun kini menjadi lebih sering dilakukan.

"Ya latihannya jadi lebih full. Karena di bulan Ramadhan ada banyak proyek membuat konten-konten di media sosial juga," imbuhnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com