Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2024, 13:30 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu permasalahan yang kerap dijumpai saat puasa adalah bibir kering dan pecah-pecah. Bagi sebagian orang, kondisi tersebut cukup menganggu karena kurang nyaman dan dapat menganggu penampilan. 

Namun, tenang saja karena ada sejumlah tips agar bibir tidak kering saat puasa. Jadi, kamu bisa menjalankan puasa dengan nyaman tanpa terganggu bibir kering. 

Baca juga:

Tips agar bibir tidak kering saat puasa

1. Jangan dijilat 

Saat bibir terasa kering, salah satu refleks yang pada umumnya dilakukan adalah menjilat bibir guna membasahinya dengan air liur. Namun ternyata, hal tersebut justru memperparah kondisi bibir kering. 

Dokter Spesialis Kulit, Kelamin, dan Estetik, Dr. Arini Astasari Widodo, SM, SpDVE, mengatakan hindari menjilat bibir jika terasa kering saat puasa. 

“Jika bibir kering, jangan sering dihisap atau dijilat karena akan membuat kulit bibir semakin dehidrasi,” tuturnya saat dikonfirmasi Kompas.com, dikutip Minggu (9/3/2024). 

2. Pakai lip balm 

Ilustrasi pakai lip balmUnsplash Ilustrasi pakai lip balm

Tips agar bibir tidak kering saat puasa selanjutnya adalah menggunakan produk pelembap bibir. Kandungan dalam produk pelembap bibir tersebut mampu menghidrasi kulit bibir. 

“Gunakan lip balm, butter atau lip oil. Sebaiknya hypoallergenic, untuk mencegah iritasi atau alergi pada kulit,” imbuh Arini.

Jika dibutuhkan, kamu bisa mengaplikasikan produk pelembab bibir lebih dari sekali atau lebih sering selama puasa, dibandingkan hari-hari biasa. Jadi, kandungan dalam produk tersebut mampu mengunci kelembapan bibir lebih lama.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com