Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Wajah Kusam Saat Puasa? Simak Penjelasannya 

Kompas.com - 10/03/2024, 10:20 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sebentar lagi, umat Islam akan menjalani ibadah puasa Ramadhan. Saat puasa, kita kerapkali merasakan kondisi kulit wajah kering dan kusam. 

Ternyata, ada alasan medis yang menjelaskan kondisi tersebut. Namun tenang saja, karena kulit wajah kusam saat puasa dapat diatasi dengan sejumlah langkah yang tepat. 

Baca juga:

Dokter Spesialis Kulit, Kelamin, dan Estetik, Dr. Arini Astasari Widodo, SM, SpDVE, menuturkan, permasalahan kulit sebetulnya diakibatkan berbagai faktor termasuk faktor biologis dan lingkungan.

“Masalah kulit dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, diantaranya faktor biologis individu, seperti komponen genetik, penyakit dalam, imunologi dan faktor lingkungan antara lain infeksi, stres, gaya hidup, diet atau paparan sinar UV,” ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, dikutip Minggu (9/3/2024). 

Dalam konteks puasa, Arini menuturkan ada beberapa kondisi yang menyebabkan wajah kusam. Namun, dengan langkah yang tepat wajah kusam saat puasa dapat dihindari. 

Kenapa wajah kusam saat puasa?

Berikut sejumlah alasan kenapa wajah kusam saat puasa:

1. Dehidrasi 

Ilustrasi dehidrasi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi dehidrasi.

Saat puasa, kita tidak makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Kondisi tersebut, kata Arini, sering kali membuat asupan air selama puasa tidak tercukupi. 

“Hal ini dapat membuat kulit lebih dehidrasi atau kekurangan air. Kulit yang dehidrasi dan kering membuat kulit tampak tidak segar dan kusam,” jelasnya. 

Oleh sebab itu, ia sangat menganjurkan orang yang puasa untuk mengonsumsi air yang cukup. Caranya, dengan cara menghitung kebutuhan air dalam satu hari sesuai dengan kondisi masing-masing individu. 

“Konsumsi air dapat berbeda-beda berdasarkan berat badan, gender, aktivitas fisik, umur, dan lainnya,” tuturnya. 

Setiap individu bisa menggunakan bantuan aplikasi kesehatan untuk membantu menghitung kebutuhan air sehari-hari. Namun, rata-rata kebutuhan air adalah 2,7 liter untuk perempuan dan 3,7 liter untuk laki-laki. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com