Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ini Cara Mudah Atasi Wajah Kusam dan Lengket saat Cuaca Panas

Kompas.com - 13/11/2023, 18:58 WIB
Nirwana Hafizh,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Meski sudah memasuki musim penghujan, cuaca panas terik nyatanya masih terjadi di Indonesia. Utamanya, di wilayah perkotaan yang penuh polusi akibat aktivitas masyarakat urban.

Dilansir dari TribunJatim.com, hingga Oktober 2023 ini, suhu wilayah Jabodetabek menyentuh angka 35–37,5 derajat Celcius. Adapun suhu tertinggi di wilayah Indonesia mencapai 38 derajat Celcius yang melanda daerah Semarang, Jawa Tengah dan Majalengka, Jawa Barat.

Cuaca terik dan panas umumnya menyebabkan tubuh merasa gerah dan penampilan jadi kurang maksimal. Terlebih, jika rutinitas sehari-hari menuntut aktivitas di luar ruangan.

Selain menyebabkan gerah, cuaca terik juga bisa membuat wajah menjadi lengket dan kusam. Hal ini terjadi karena kulit memproduksi lebih banyak minyak untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari.

Wajah yang lengket dan kusam dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik dan membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah problem tersebut, khususnya bagi pria yang aktif berkegiatan di luar ruangan.

Pertama, lakukan perawatan rutin untuk kulit wajah sebelum beraktivitas diluar ruangan. Salah satunya, dengan mengoleskan pelembab wajah sebelum beraktivitas.

Perawatan tersebut bertujuan untuk menghindari kulit kering dan semakin kusam setelah aktif melakukan kegiatan sehari-hari.

Kedua, gunakan tabir surya atau sunscreen sesaat sebelum beraktivitas. Penggunaan sunscreen sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi kulit.

Apabila sudah melakukan perawatan khusus untuk wajah, penggunaan sunscreen berfungsi untuk memberikan proteksi pada wajah agar kondisi kulit terlihat sehat secara alami.

Terlebih, sunscreen juga dapat melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Ketiga, konsumsi air putih lebih banyak daripada biasanya. Memperbanyak minum air putih merupakan cara alami untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam.

Melansir dari laman Halodoc, konsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari sangat membantu perbaikan sel kulit mati sehingga juga menghindarkan diri dari kulit kusam dan keriput.

Nah, buat kamu yang masih kebingungan menentukan produk yang cocok untuk merawat kulit wajah, Bromen Personal Care for Men adalah jawabannya.

Jenama personal care lokal itu menawarkan produk yang telah diformulasikan sesuai masalah kulit wajah pria di Indonesia. Untuk kebutuhan pelembap kulit, misalnya, Bromen memiliki solusi produk moisturizer.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com