Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Spot yang Sering Dilupakan Saat Menggunakan Sunscreen

Kompas.com - 23/06/2023, 18:56 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap kali beraktivitas di bawah sinar matahari memang merupakan hal wajib guna melindungi kulit.

Sayangnya, tak jarang kita hanya terfokus untuk mengoleskan sunscreen di beberapa area kulit seperti wajah, lengan, dan kaki tanpa memperhatikan bagian tubuh lainnya yang juga memerlukan sunscreen.

“Area umum yang kerap dilupakan orang-orang adalah telinga, mata, bibir, kulit kepala, bagian atas telapak kaki, atau area di dekat ujung pakaian, seperti area dekat tempat tali baju menggantung,” ujar dokter kulit dari Cleveland Clinic, Jennifer Lucas, MD.

Perlu diingat, sinar ultraviolet (UV) dari matahari merupakan penyebab utama kanker kulit. Tenaga kesehatan pun mengatakan bahwa sunscreen dapat membantu melindungi diri dari kerusakan sel yang diakibatkan oleh sinar UV tersebut.

Baca juga: 5 Fakta Penting Sunscreen untuk Mencegah Kanker Kulit

Untuk itulah, Lucas menjelaskan bahwa kita perlu memperhatikan spot yang biasa terlupakan saat pemakaian sunsceen, seperti lima spot berikut ini:

Telinga

Telinga merupakan lokasi ketiga paling umum yang berisiko terkena kanker kulit.

Kanker kulit itu pun dapat terjadi di setiap bagian telinga, termasuk di conchal bowl (bagian tengah telinga), area yang cenderung terlindungi dari matahari.

“Ingatlah bahwa meski kita tengah berkendara, cahata mtahari mengenai telinga melalui jendela, sehingga penggunaan sunscreen setiap hari sangat penting,” ujar Lucas.

Kelopak mata

Cara terbaik untuk melindungi kelopak mata memang dengan mengenakan sunglasses.

Namun jika ingin menghindari tan line di wajah, gunakan eye cream yang mengandung sun protection factor (SPF), seperti sunscreen stick dan mineral sunscreen atau sunscreen dengan penghalang fisik seperti titanium dioksida atau zinc oksida.

“Kebanyakan orang tidak memikirkan tentang paparan sinar matahari di kelopak mata mereka, namun kanker kulit di area ini bisa sulit diatasi,” kata Lucas.

Baca juga: 10 Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Menurut Dokter Kulit

Bibir

Lip balm yang mengandung SPF bisa melindungi bibir dari sinar UV. Namun, pastikan untuk mengaplikasikannya kembali (reapply) setelah makan atau minum.

Kanker kulit pada bibir sendiri biasanya lebih sering terjadi pada pria berkulit terang yang lebih tua dari usia 50 tahun. Lalu, bibir bawah pun 12 kali lebih mungkin untuk terdampak, karena lebih sering terpapar cahaya matahari.

“Jika ke luar rumah dan cenderung tergoda untuk menjilat bibir, mengaplikasikan kembali lip balm dengan SPF merupakan hal wajib,” kata Lucas.

Bagian atas telapak kaki

Telapak kaki kita memang memiliki sebuah lapisan tebal yang melindunginya dari sinar ultraviolet matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com