Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Spot yang Sering Dilupakan Saat Menggunakan Sunscreen

KOMPAS.com - Menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap kali beraktivitas di bawah sinar matahari memang merupakan hal wajib guna melindungi kulit.

Sayangnya, tak jarang kita hanya terfokus untuk mengoleskan sunscreen di beberapa area kulit seperti wajah, lengan, dan kaki tanpa memperhatikan bagian tubuh lainnya yang juga memerlukan sunscreen.

“Area umum yang kerap dilupakan orang-orang adalah telinga, mata, bibir, kulit kepala, bagian atas telapak kaki, atau area di dekat ujung pakaian, seperti area dekat tempat tali baju menggantung,” ujar dokter kulit dari Cleveland Clinic, Jennifer Lucas, MD.

Perlu diingat, sinar ultraviolet (UV) dari matahari merupakan penyebab utama kanker kulit. Tenaga kesehatan pun mengatakan bahwa sunscreen dapat membantu melindungi diri dari kerusakan sel yang diakibatkan oleh sinar UV tersebut.

Untuk itulah, Lucas menjelaskan bahwa kita perlu memperhatikan spot yang biasa terlupakan saat pemakaian sunsceen, seperti lima spot berikut ini:

Telinga

Telinga merupakan lokasi ketiga paling umum yang berisiko terkena kanker kulit.

Kanker kulit itu pun dapat terjadi di setiap bagian telinga, termasuk di conchal bowl (bagian tengah telinga), area yang cenderung terlindungi dari matahari.

“Ingatlah bahwa meski kita tengah berkendara, cahata mtahari mengenai telinga melalui jendela, sehingga penggunaan sunscreen setiap hari sangat penting,” ujar Lucas.

Kelopak mata

Cara terbaik untuk melindungi kelopak mata memang dengan mengenakan sunglasses.

Namun jika ingin menghindari tan line di wajah, gunakan eye cream yang mengandung sun protection factor (SPF), seperti sunscreen stick dan mineral sunscreen atau sunscreen dengan penghalang fisik seperti titanium dioksida atau zinc oksida.

“Kebanyakan orang tidak memikirkan tentang paparan sinar matahari di kelopak mata mereka, namun kanker kulit di area ini bisa sulit diatasi,” kata Lucas.

Bibir

Lip balm yang mengandung SPF bisa melindungi bibir dari sinar UV. Namun, pastikan untuk mengaplikasikannya kembali (reapply) setelah makan atau minum.

Kanker kulit pada bibir sendiri biasanya lebih sering terjadi pada pria berkulit terang yang lebih tua dari usia 50 tahun. Lalu, bibir bawah pun 12 kali lebih mungkin untuk terdampak, karena lebih sering terpapar cahaya matahari.

“Jika ke luar rumah dan cenderung tergoda untuk menjilat bibir, mengaplikasikan kembali lip balm dengan SPF merupakan hal wajib,” kata Lucas.

Bagian atas telapak kaki

Telapak kaki kita memang memiliki sebuah lapisan tebal yang melindunginya dari sinar ultraviolet matahari.

Namun, sisi atas dari telapak kali akan menghadap matahari secara langsung saat kita mengenakan sandal jepit dan sepatu terbuka lainnya, membuat daerah ini sangat rentan terhadap sinar matahari, yang bisa membakarnya.

Jadi, gunakan sunscreen untuk melindungi telapak kaki kita.

Kulit kepala

Rambut kita hanya memiliki perlindungan tipis dari sinar UV. Karena itu, kulit kepala yang langsung menghadap matahari bisa terancam.

Jadi jika tidak mau memakai topi, gunakan sunscreen.

“Mungkin itu akan membuat rambut berminyak dan lengket, namun kulit kita membutuhkan lapisan pelindung itu,” jelas Lucas.

Ia menambahkan, kita bisa menggunakan sunscreen berbasis gel untuk melapisi dan melindungi area ini secara lebih efektif. Namun, cara paling efektif untuk melindungi kulit kepala memang menggunakan topi yang lebar.

Cara mengaplikasikan sunscreen

Sunscreen akan efektif jika digunakan secara tepat. Untuk itu, ikuti cara mengaplikasikan sunscreen berikut:

  • Pilih broad-spectrum sunscreen (yang melindungi dari UVA dan UVB) yang tahan air dengan setidaknya 30 SPF. Angka tersebut menunjukkan seberapa baik produk akan melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Oleskan sunscreen ke kulit kering 15 menit sebelum pergi ke luar ruangan. Jika menunggu untuk mengoleskan sunscreen sampai tiba di tempat tujuan, keringat hanya akan membuat sunscreen menjadi kurang efektif.
  • Aplikasikan kembali sunscreen setiap dua jam saat berada di luar ruangan, meskipun label produk itu bertuliskan "sepanjang hari/all day". Lalu gunakan kembali sunscreen jika banyak terpapar sinar matahari, berenang, atau banyak berkeringat.
  • Lapisi semua area yang terbuka. termasuk wajah, leher, dan punggung tangan.
  • Oleskan sunscreen dengan jumlah yang cukup banyak, lalu usapkan secara halus, bukan menggosoknya. Tidak perlu takut berlebihan, sebab, dibutuhkan 1 ons sunscreen untuk menutupi seluruh tubuh satu orang dewasa.
  • Oleskan sunscreen sebelum menggunakan makeup.

Ingat, menggunakan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari kanker. Jadi, jangan lupa menggunakannya.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/23/185652420/5-spot-yang-sering-dilupakan-saat-menggunakan-sunscreen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke