Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Warna Lensa Kacamata Hitam Sesuai Fungsinya

Kompas.com - 16/03/2024, 08:00 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Mereka yang kerap mengenakan sunglasses atau kacamata hitam pasti tahu bahwa warna lensa di kacamatanya tidak benar-benar hitam.

Walau dalam Bahasa Indonesia kita menyebutnya sebagai kacamata hitam, namun sesungguhnya lensa sunglasses bervariasi, mulai dari abu-abu, cokelat, hijau, kuning, biru, hingga pink.

Nah, sebenarnya buat apa ada warna lensa kacamata yang berbeda-beda? Sekadar untuk gaya atau ada fungsinya bagi kesehatan? Warna lensa kacamata apa yang paling baik buat mata?

"Lensa kacamata pada dasarnya berfungsi untuk melindungi dari cahaya silau atau sinar ultraviolet dari Matahari," ujar Ryan Lee Buntaram, Direktur Operasional Optik Seis, saat merilis koleksi baru Bvlgari di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

"Ada lensa yang digunakan untuk low light dan bright light. Kalau sedang berawan kita kan nggak terlalu perlu lensa yang gelap, jadi kita bisa pakai yang lebih terang misalnya pink. Tapi kalau di tempat yang cahaya mataharinya sangat terang, kita bisa memilih lensa yang lebih gelap, seperti coklat atau grey," lanjutnya.

Seperti disampaikan Ryan, melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV) sangatlah penting. Radiasi UV dari sinar matahari tidak hanya bisa merusak kulit tapi juga kornea, lensa dan bagian mata lainnya. 

Paparan sinar UV juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami katarak dan menurunnya fungsi makula mata, yaitu area bintik mata yang paling sensitif terhadap rangsangan sinar. 

Sinar UV juga bisa memicu selaput di mata yang disebut pterygium. Selaput ini akan tumbuh dari bagian putih mata ke bagian tengah bola mata (kornea) sehingga dapat menutupi pandangan. 

Kerusakan kelopak mata akibat terpapar sinar ultraviolet sama seperti kerusakan kulit lainnya di dalam tubuh manusia. Jika terjadi dalam jangka waktu lama dan tidak diantisipasi, hal tersebut memungkinkan tumbuhnya kanker. 

Paparan sinar UV B intensitas tinggi dalam waktu singkat yang menerpa kornea mata berisiko menyebabkan photokeratitis. Kondisi ini dapat terjadi bila terlalu lama berjemur di pantai atau melakukan ski tanpa perlindungan mata yang baik. 

Baca juga: Memilih Kacamata yang Tepat, Perhatikan Desain dan Bentuk Wajah

Memilih warna lensa kacamata

Ilustrasi memilih kacamataGeorgeRudy Ilustrasi memilih kacamata
Intinya, kita tidak boleh sembarangan memilih kacamata hitam bila ingin melindungi mata. Penting untuk membeli kacamata hitam dengan kualitas yang baik. Salah satu hal yang menentukan kualitasnya adalah warna lensa kacamata. 

Berikut beberapa pilihan lensa sesuai penggunaannya:

Abu-abu (grey) 

Warna ini mungkin paling populer dipakai pada sunglasses dibandingkan warna lainnya. Warna abu-abu memungkinkan mata melihat warna dalam bentuk aslinya. 

Selain itu, warna ini dapat mengurangi kecerahan dan silau tanpa mendistorsi warna. Tak heran bila lensa kacamata pilot kebanyakan berwarna abu-abu. Pilih warna lensa abu-abu untuk mengemudi dan olahraga di luar ruangan seperti golf, lari, atau bersepeda. 

Di bawah sinar matahari yang cerah, lensa abu-abu meminimalkan silau dan kelelahan mata, serta memberikan kenyamanan pada mata. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com