Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Kacamata yang Tepat, Perhatikan Desain dan Bentuk Wajah

Kompas.com - 15/03/2024, 12:12 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Selain untuk membantu penglihatan, kacamata adalah salah satu aksesoris yang dapat menunjang penampilan. Tak heran saat ini ada begitu banyak desain kacamata yang bisa dipilih sesuai bentuk wajah.

Karenanya, sebelum memilih model kacamata, kenali dahulu bentuk wajahmu. Setelah mengenali bentuk wajah, selanjutnya pilihlah kacamata yang pas, yaitu gaya dan ukurannya. Bingkai kacamata yang kita pilih secara tepat bisa menutupi kekurangan wajah dan membuat penampilan menjadi lebih stylish.

"Kecenderungan orang sekarang, kebanyakan mengutamakan desain dalam memilih kacamata. Karena ketika orang melihat kita, yang pertama kali dipandang kan wajah dan mata. Sehingga desain kacamata yang cocok akan membantu penampilan," ujar Ryan Lee Buntaram, Direktur Operasional Optik Seis, saat merilis koleksi baru Bvlgari di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Menurutnya bentuk kacamata akan mempengaruhi penampilan seseorang, misalnya bentuk kacamata bulat dapat membuat wajah terlihat lebih lebar dan proporsional, bentuk kacamata persegi membuat wajah terlihat lebih tegas, sedangkan bentuk kacamata cat eye dapat membantu membuat wajah terlihat lebih feminin. 

"Kalau bingkai kotak cocoknya dipakai untuk orang dengan wajah maskulin, sedangkan aviator cocok untuk wajah oval," papar Ryan di Optik Seis, Grand Indonesia.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Kacamata Hitam Polarized atau Non-Polarized?

Sebaliknya, jika salah memilih, kacamata justru dapat membuat penampilan menjadi tidak proporsional.

Lalu bagaimana memilik kacamata yang tepat sesuai bentuk wajah?

Bentuk wajah yang cocok dengan kacamata Bentuk wajah yang cocok dengan kacamata

Memilih kacamata sesuai bentuk wajah

Menurut panduan dari Optik Seis, bentuk wajah manusia bermacam-macam. Ada yang oval, bulat, persegi, hati, atau lonjong. Masing-masing akan lebih cocok mengenakan kacamata dengan bentuk tertentu.

Wajah oval

Bila kamu memiliki bentuk wajah oval dengan dahi dan garis rahang yang luas seperti Megan Fox, Jessica Alba, Halle Berry dan Beyonce, kamu sangat beruntung. Pasalnya model kacamata apapun akan tampak sempurna pada wajah oval. 

Yang perlu diperhatikan hanyalah ukuran lensanya, bila wajahmu kecil jangan memilih model yang oversized, namun pastikan agar bentuknya sesuai atau seimbang sehingga tidak menutupi keseluruhan wajah. 

Pilihlah juga bentuk frame yang tebal. Untuk wajah berbentuk oval seperti ini bisa memilih model cat eye, persegi dengan lengkungan seperti model wayfarer, dan oversized round.

Wajah persegi

Wajah persegi umumnya memiliki rahang dan tulang pipi menonjol seperti Demi More, Angelina Jolie dan Katie Holmes. Tipe wajah ini perlu memerhatikan keseimbangan rahangnya, sehingga bentuk atau model kacamata yang cocok adalah kacamata bulat atau oval, dan vintage cat eye.

Kamu yang berwajah persegi sebaiknya menghindari kacamata berbentuk persegi atau bersudut karena akan memberikan wajahmu terlalu banyak sudut, sehingga penampilan menjadi tidak seimbang.

Baca juga: Perjalanan 40 Tahun Police, Rangkul Konsep Baru hingga Instalasi Seni

Wajah bulat

Jika kamu berwajah bulat dengan ukuran lebar dan panjang wajah serupa, serta rahang yang full dan bulat, hindarilah bentuk kacamata yang bulat dan melengkung, karena akan membuat wajahmu tampak semakin bulat. 

Mereka yang berwajah bulat akan lebih cocok menggunakan kacamata yang berbentuk persegi dan retro style wayfarer. Kamu bisa memilih kacamata segi empat atau kacamata modern yang memiliki bentuk segi yang unik, asal bersudut. Jangan gunakan kacamata bulat atau yang berbingkai sempit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com