Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal Penting Saat Persiapan Mudik, Siap Produk Multifungsi

Kompas.com - 28/03/2024, 07:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mudik atau pulang kampung menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim untuk merayakan Lebaran.

Namun, kita seringkali menyepelekan persiapan mudik yang sebenarnya dapat membuat perjalanan ke kampung halaman jadi terasa tidak nyaman.

Nah, ditemui dalam acara Hero Media Class, Country Marketing Manager Ikea Indonesia, Irfansyah Kurnia Putra pun membagikan beberapa tips mempersiapkan mudik agar lebih aman dan nyaman sebagai berikut.

1. Mempersiapkan diri

Pertama-tama yang harus dilakukan sebelum mudik adalah mempersiapak diri kita dengan baik, terutama kesehatan secara fisik.

"Dari sisi kesehatan, kita perlu mengonsumsi makanan dan juga vitamin yang membuat kondisi lebih prima saat berada di perjalanan hingga tiba di tempat tujuan," kata Irfan di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

2. Perencanaan

Tips selanjutnya yang juga perlu diperhatikan menurut Irfan adalah perencanaan yang matang terkait mudik.

Misalnya, apabila kita mau bepergian ke luar kota maka kita harus mengetahui estimasi berapa lama akan pergi, jalur mana yang akan ditempuh, dan alat transportasi apa yang hendak dipakai.

3. Gunakan produk multifungsi

Kemudian, gunakan produk-produk multifungsi yang dapat membawa barang-barang kita dengan lebih ringkas dan simpel.

"Karena kalau ke luar kota kita pasti tidak mau membawa banyak koper, apalagi kalau naik kendaraan sendiri," ungkap Irfan.

"Artinya ada beberapa produk yang memang serbaguna seperti tas multifungsi, tablet yang bisa dilipat, kebutuhan tempat penyimpanan dan sebagainya. Itu saya kira sangat perlu dipersiapkan karena kita tidak ingin pergi tanpa perencanaan yang baik," saran dia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com