Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2024, 20:12 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, apakah sebaiknya pakai setting spray sebelum atau sesudah makeup

Apalagi, belakangan ini beberapa kreator konten di media sosial mendemonstrasikan pemakaian setting spray sebelum makeup.

Baca juga:

Dilansir dari Real Simplesetting spray adalah produk riasan wajah yang digunakan dengan cara disemprotkan ke wajah. Fungsinya untuk mengunci riasan seperti alas bedak, perona pipi, hingga riasan mata, lebih awet dan tahan lama.

Ada banyak produk setting spray di pasaran dengan berbagai macam formula dan fungsinya, seperti memberikan perlindungan tambahan terhadap sinar matahari, memberikan hidrasi lebih, hingga anti-jerawat.

Lalu, kapan sebaiknya menggunakan produk ini? Berikut jawaban singkatnya.

Pakai setting spray sebelum atau sesudah makeup?

Dilansir dari Byrdie, setting spray biasanya diaplikasikan setelah wajah selesai dirias. Namun, beberapa kreator konten dan makeup artist mengaplikasikannya sebelum merias wajah atau bahkan pada setiap langkah riasan.

Gloria Elias-Foeillet, makeup artist yang juga pernah merias selebritas seperti Kelly Clarkson, Alessandra Ambrosio, dan Emily Ratajkowski, misalnya.

"Biasanya kita memang menyemprotkannya setelah selesai merias wajah, tetapi kadang-kadang jika membutuhkannya agar lebih tahan air, saya menyemprotkannya setelah setiap langkah pengaplikasian riasan (misalnya, setelah alas bedak, perona mata, perona pipi, bedak, dan sebagainya)," kata Elias-Foeillet, seperti dilansir Byrdie.

Baca juga:

Jika kamu melakukan seperti Elias-Foeillet, maka penting untuk mempertimbangkan setting spray anti-air alias waterproof. Hal ini terutama untuk pengaplikasian setelah riasan mata.

Sebab, setting spray yang tidak waterproof bisa membasahi area mata dan membuatnya luntur.

Menggunakan setting spray sebelum merias wajah atau di sela merias wajah diakui para ahli bisa membantu menghindari hasil akhir yang cakey.

Namun, menggunakannya setelah wajah selesai dirias, seperti umum dilakukan banyak orang, memang memberikan beberapa manfaat.

"Menggunakan setting spray yang tepat benar-benar dapat membantu mengaplikasikan riasan sebelum langkah pencampuran," kata makeup artist sekaligus direktur eksekutif edukasi lobal Buxom Cosmetics, David Birdwell.

Jadi, apakah setting spray digunakan sebelum atau sesudah makeup sebaiknya diputuskan sesuai dengan kondisi kulitmu atau orang yang kamu rias.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com