Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Menutupi Keriput, Pakai Makeup hingga Selotip

Kompas.com - 27/02/2024, 11:41 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Garis halus yang muncul di wajah dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. 

Pasalnya, terkadang garis halus dan kerutan di wajah ini tetap muncul, ketika seseorang sudah melakukan perawatan mahal sekalipun. 

Namun, solusi instannya adalah menutupinya dengan makeup. Bagaimana caranya? Berikut trik mudahnya menurut Makeup Artist (MUA). 

Baca juga:

Trik menyembunyikan keriput pakai makeup

1. Pakai pelembap

Seorang Makeup Artist (MUA) professional yang berbasis di Jabodetabek, Faza Tazkia Ula (25) mengungkapkan, sebetulnya keriput adalah hal yang sulit disembunyikan. 

“Sebetulnya agak sulit ya (menyembunyikan keriput), karena itu kan jatuhnya tekstur wajah. Sama seperti jerawat yang masih bertekstur. Tapi hal ini bisa diminimalisir dengan penggunaan skin prep yang benar,” ujar Faza kepada Kompas.com, Senin (26/2/2024) malam. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Kusam agar Lebih Cerah  

Dalam hal ini, Faza menekankan bahwa skin prep atau persiapan kulit menjadi hal penting yang diutamakan, terutama penggunaan moisturizer

Moisturizer atau pelembap digunakan agar wajah tetap lembap dan kenyal, sehingga bisa meminimalisasi kerutan yang nampak di wajah. 

2. Bisa menggunakan selotip atau face lift tape

Ilustrasi face lift tape untuk menyamarkan keriputDok. Shutterstock/Geobor Ilustrasi face lift tape untuk menyamarkan keriput

Selain itu, Faza juga menyinggung soal penggunaan selotip atau face lift tape yang bisa digunakan untuk menyamarkan kerutan. 

“Bisa juga diakalin pakai face lift tape. Itu biasanya digunakan sama para MUA untuk menyembunyikan mature skin,” tambah Faza. 

Diketahui, face lift tape merupakan perekat, semacam selotip, yang digunakan di area pelipis mata untuk akhirnya ditarik dengan tali sebelum akhirnya diikat ke belakang kepala. 

Baca juga: Face Lift, Prosedur Operasi, Manfaat, dan Risikonya

“Penggunaannya biasanya direkatkan di area pelipis mata, terus nanti ada talinya, itu buat diikat di belakang kepala biar wajah tampak lebih kencang,” jelasnya. 

Di sisi lain, menurut MUA professional yang telah berkarier selama enam tahun, Agnes Walansendouw (28), trik ini termasuk sebagai teknik baru.

Jamun, dirinya sendiri belum pernah memakai trik ini untuk menyembunyikan kerutan. 

“Tapi aku sendiri enggak pakai metode itu. Kalau aku yang penting kulitnya terlihat sehat, walaupun masih terlihat garis-garis keriputnya,” lanjut Agnes.

Baca juga: 9 Cara Mendapatkan Kulit Glowing Tanpa Makeup

Dalam hal ini, ia menyarankan untuk menggunakan foundation yang matte finish untuk menyamarkan tekstur dan kerutan di wajah. 

“Pakai produk tanpa shimmer atau glitter, contohnya jangan pakai highlighter, dan untuk penggunaan foundation, aku saranin yang matte finish,” pungkasnya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com