Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2024, 15:35 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Ceramide adalah salah satu bahan yang kerap ditemukan dalam produk perawatan tubuh. Tapi sebagian dari kita mungkin belum tahu apa itu ceramide dan kegunaannya untuk kesehatan kulit.

Apa itu ceramide?

Ceramide adalah lipid yang membentuk sekitar 50% epidermis atau lapisan luar kulit kita.

“Ceramide alami adalah yang ditemukan di kulit manusia dan hewan lainnya,” jelas dokter dermatologi Clara Wilson, MS, PA-C. “Ceramide sintetis, yang dibuat oleh manusia, lebih stabil dan umum digunakan dalam produk perawatan kulit.”

Seiring bertambahnya usia, kulit kita tidak dapat mengisi kembali ceramide alaminya secepat saat masih muda. Itu sebabnya ceramide sintetis ditambahkan ke pelembab, serum, dan produk lainnya — untuk memberikan kulit perawatan yang dibutuhkan.

Baca juga: Mengenal Ceramide, Pelembap yang Baik untuk Kulit

Manfaat ceramide

Ceramide ditambahkan ke produk perawatan kulit untuk membantu melembabkan kulit, mengisi kembali pelindung kulit, dan secara umum menjaga kulit terlihat sehat.

Mengisi kembali pelindung kulit

Pelindung kulit adalah lapisan teratas kulit, yang terdiri dari sel-sel kulit, protein, lemak, dan lipid – termasuk ceramide alami.

“Ceramide pada dasarnya adalah lem yang menyatukan sel-sel kulit kita untuk membentuk pelindung kulit yang sehat,” kata Wilson. “Menggunakan produk perawatan kulit dengan tambahan ceramide dapat mengembalikan tingkat optimal lipid ini.”

Mengunci kelembapan

Menjaga kelembapan kulit adalah hal yang penting bagi semua orang, namun hal ini menjadi sangat penting seiring bertambahnya usia. Dengan berjalannya waktu, kulit menjadi lebih tipis dan kurang elastis, yang menyebabkannya lebih mudah kehilangan kelembapan dibandingkan saat masih muda.

Tapi ceramide membantu mengunci kelembapan untuk menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

“Penuaan dan kondisi kulit tertentu, seperti eksim, menyebabkan penurunan kadar ceramide, yang dapat menyebabkan kulit dehidrasi atau gatal,” kata Wilson. “Produk dengan ceramide membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi.”

Membantu melindungi kulit 

Bayangkan pelindung kulit sebagai baju zirah, yang menghalangi hal-hal buruk menembusnya. Dan ceramide adalah salah satu pelindung yang menjaga kulit tetap aman.

“Ceramide membantu mencegah unsur-unsur berbahaya, seperti polusi, racun, dan alergen,” kata Wilson. Semakin kuat dan utuh pelindung kulit kita, semakin sulit elemen-elemen ini menembus, sehingga membantu menjaga kesehatan kulit.

Baca juga: Manfaat Ceramide dan Cara Pilih Produk yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Cara menggunakan ceramide dalam perawatan kulit

Untunglah sudah banyak produk skincare yang mengandung ceramide.

“Ceramide adalah bahan umum dalam banyak serum, losion, dan krim yang dijual bebas,” kata Wilson. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com