Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Pengunjung Muda HAI Day 2017 "Curhat" lewat Kartu Tarot

Kompas.com - 01/05/2017, 10:28 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada perhelatan HAI Day 2017 kali ini, selain bisa menikmati pertunjukan band-band idola, anak-anak muda yang datang juga bisa mendatangi booth Light Givers.

Booth tersebut melayani curhatan para pengunjung yang ingin diramal melalui kartu tarot, baik itu seputar percintaan sampai "curhat" mengenai pekerjaan dan karir.

Tarot seperti diketahui adalah sekelompok kartu berjumlah 78 lembar yang umumnya digunakan untuk kepentingan spiritual atau ramalan nasib.

Kumpulan kartu tarot dibagi menjadi 22 kartu yang disebut Arcana Mayor dan 56 kartu disebut Arcana Minor.

Aturan mainnya, seorang ahli tarot akan terlebih dahulu mendengarkan masalah dan kegelisahan dari pelanggannya. Kemudian, sang ahli akan mengocok kartu yang kemudian dibuka oleh si pelanggan.

"Tarot itu lebih ke konsultasi, medianya melalui kartu. Saat konsultasi dipakai juga unsur psikologis," kata Nurul seorang Tarot Reader kepada Kompas.com di Jakarta, Minggu (30/4/2017).

Menurut Nurul, dalam waktu dua hari ini selama acara HAI Day sudah ada sekitar 70 muda-mudi yang datang untuk "curhat" dan meminta untuk diramal.

"70 orang cewek dan cowok datang kesini untuk diramal," ungkapnya.

Kompas.com/Iwan Supriyatna Peminat kartu tarot di Hai Day 2017
Jika diluar HAI Day, para pengunjungnya banyak yang berkonsultasi soal pekerjaan sampai ke rumah tangga menyesuaikan dengan usianya.

Namun, selama perhelatan HAI Day yang didominasi oleh anak muda ini, maka kebanyakan konsultasi yang didapatnya yakni terkait percintaan.

"Biasanya kalau dewasa seputar pekerjaan atau rumah tangga, kalau remaja ABG biasanya seputar percintaan," imbuhnya.

Berdasarkan tanggapan dari para pengunjungnya yang disampaikan ke Nurul, tingkat keakuratan ramalan melalui tarot mencapai 85 sampai 90 persen.

Nah, dengan tingkat keakuratan tersebut, menurut dia, banyak orang yang melakukan konsultasi tak hanya sekali datang tetapi bisa beberapa kali untuk sekadar meramal apa yang akan dialaminya di masa depan.

"Tingkat keakuratan 85 sampai 90 persen, ya tergantung juga, kita juga kan memberikan solusi apa yang terbaik," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com