Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2017, 16:12 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

Sumber LifeHack

KOMPAS.com - Saat bangun tidur di pagi hari, apa yang biasanya Anda minum? secangkir kopi panas, teh hangat atau mungkin air putih dingin? Pilihan jenis minuman memang tergantung selera masing-masing. Namun, tahukah Anda bahwa minum segelas air hangat saat bangun tidur memiliki banyak manfaat?

Seperti dilansir dari laman Life Hack, Stella Metsovas ahli gizi klinis dan pakar kesehatan dalam ilmu pangan dan gizi, mengatakan, meminum air hangat di pagi hari, atau ditambah dengan rendaman lemon yang kaya polifenol atau dengan teh, terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas di tubuh.

"Minum air hangat meningkatkan pengencangan usus, dan ini dapat membantu pencernaan dan mengatur pergerakan usus," kata Metsovas.

Selain itu, minum air putih hangat saat bangun tidur di pagi hari dengan kondisi perut masih kosong memiliki tujuh manfaat yang baik bagi tubuh, tujuh manfaat tersebut diantaranya.

Baca: 8 Manfaat Minum Air Setelah Bangun Tidur

1. Mencegah penuaan dini

Keberadaan racun dalam tubuh bisa membuat penuaan lebih cepat menjadi kenyataan. Ketika tubuh kita menumpuk racun, ia menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan. Air hangat dalam hal ini bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, bisa membantu memperbaiki kondisi sel kulit yang bisa menyebabkan peningkatan elastisitas kulit Anda.

2. Mengurangi rasa sakit

Obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi adalah air hangat. Ini melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Selain itu, air hangat adalah obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu merilekskan otot-otot di tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Anda mungkin pernah mendengar, meminum air hangat saat pagi hari mampu menurunkan berat badan. Ternyata ini benar adanya. Air hangat meningkatkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya, meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Peningkatan aktivitas metabolik memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Air hangat dengan lemon juga mengendalikan keinginan untuk makan, karena lemon mengandung serat pektin.

Baca: Mengapa Kita dengan Mudah Menjadi Gemuk Lagi?

4. Memperbaiki pencernaan

Segelas air hangat merangsang sistem pencernaan Anda dan membantu tubuh untuk lebih cepat mencerna makanan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber LifeHack
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com