Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2017, 09:03 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

Sumber LifeHack

KOMPAS.com - Kebanyakan perempuan di Jepang memiliki tubuh yang lebih langsing, sehat, dan kencang dibanding perempuan di negara lain. Diduga hal tersebut ada kaitannya dengan kebiasaan dan gaya hidup yang mereka jalani. Salah satunya adalah ritual minum air putih saat bangun tidur.

Kebiasaan yang masih diterapkan ini ternyata juga bisa menghindarkan seseorang dari  gangguan kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Ini menjadi salah satu alasan untuk kita belajar dari gaya hidup sehat mereka.

Mengapa Minum Air Jadi Penting?

70 persen tubuh Anda terdiri dari air. Bila kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan menanggung sejumlah konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang negatif.

Dehidrasi yang berkepanjangan misalnya, dapat menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkulosis paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim.

Agar tubuh Anda terhindar dari penyakit-penyakit serius tersebut, bantu tubuh Anda untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

Cara penerapannya

Minum air setelah bangun tidur adalah metode hidup sehat yang telah terbukti untuk mengobati kelainan tubuh, gangguan menstruasi, dan penyakit terkait mata. Selain itu, Anda akan merasa segar kembali seharian setelah mengikuti perawatan air ini.

- Minumlah empat gelas air dengan takaran sekitar 160 ml air per gelas setelah bangun tidur, sebelum menyikat gigi dan dengan kondisi perut kosong.
- Jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya.
- Minumlah air 30 menit sebelum makan.
- Jika Anda tidak bisa minum empat gelas air pada saat perut kosong, maka Anda bisa memulainya dengan satu gelas atau sebanyak yang Anda butuhkan. Anda bisa secara bertahap meningkatkan asupan air sampai Anda mencapai tingkat yang diinginkan sebesar 640 ml.

Manfaat utama minum air pada perut yang kosong

Dilansir dari laman Life Hack, berikut ini adalah 8 manfaat yang akan Anda dapat saat mengkonsumsi air putih ketika bangun tidur dan dalam kondisi perut masih kosong.

1. Membantu Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Pada malam hari, tubuh Anda memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Saat minum air pada waktu perut kosong di pagi hari, Anda akan membersihkan racun berbahaya ini, dan membiarkan tubuh Anda segar dan sehat. Minum banyak air dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

2. Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih pada perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme Anda setidaknya 24 persen. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet ketat.

Halaman:
Sumber LifeHack
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com