Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Menurunkan Berat Badan Dengan Minum Susu Pelangsing?

Kompas.com - 31/08/2017, 05:45 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Anda mungkin sering mendengar atau melihat produk susu yang disebut bisa melangsingkan tubuh. Susu khusus diet tersebut memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Hal ini membuat susu diet ini disebut-sebut cepat menurunkan berat badan.

Namun, apakah benar minum susu pelangsing ampuh untuk membuat tubuh kita lebih ramping?

Kelebihan berat badan sebenarnya terjadi akibat asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, alias  Anda terlalu banyak makan. Susu pelangsing dengan kalori yang lebih rendah ini dapat mengurangi asupan kalori Anda dalam satu hari apabila dikonsumsi sebagai pengganti makan, bukan sebagai tambahan.

Jadi, gunanya adalah mengganti makanan dengan kalori tinggi dengan yang lebih rendah dari susu pelangsing, supaya tidak ada kalori berlebih yang kemudian menumpuk jadi lemak tubuh. 

Namun minum susu untuk menggantikan makan juga tidak menjamin berat badan Anda turun. Mungkin Anda yang mengonsumsi jenis susu ini mengira bahwa berat badan Anda akan turun dengan sendirinya karena telah minum susu. Padahal, hal ini harus juga diiringi dengan pola hidup sehat.

Baca: Cara Gampang Mengukur Makanan Saat Diet

Bila Anda sudah mengonsumsi susu pelangsing namun tetap tidak mengatur porsi makan dan camilan, maka berat badan ideal yang Anda inginkan sulit didapatkan. Belum lagi kalau Anda malas melakukan aktivitas fisik. Bukan tak mungkin kalau Anda malah semakin jauh dari target berat badan yang Anda inginkan.

Justru banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan ketika mengganti makanan mereka dengan susu. Ini terjadi karena pola makan dan gaya hidup mereka tidak berubah sama sekali. Jadi, jangan kira Anda bisa bebas menjalani gaya hidup tidak sehat ketika sudah minum susu untuk diet ini.

Ilustrasi memilih produk susugpointstudio Ilustrasi memilih produk susu
Faktanya, susu pelangsing akan tetap kalah ketimbang makanan berat yang seharusnya Anda konsumsi. Susu pelangsing memang diklaim mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh. Namun, jumlah dan jenis zat gizi yang didapatkan dari susu Anda tak selengkap jika Anda mengonsumsi makanan penuh.

Misalnya, Anda makan nasi lengkap beserta dengan lauk-pauk dan sayurnya. Dari makanan tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan zat gizi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, hingga vitamin dan mineral – hanya dalam satu kali makan.

Jika Anda hanya minum susu saja, belum tentu Anda bisa mendapatkan lemak baik seperti omega 3 yang bisa Anda dapatkan dari ikan yang harusnya Anda makan. Atau Anda tak mendapatkan zat besi, zink, dan berbagai mineral lain yang ada di dalam daging dan sayuran berdaun hijau. Bisa jadi Anda malah merasa lapar lagi karena kebutuhan nutrisi tubuh belum terpenuhi.

Intinya, bila Anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal, Anda harus pintar-pintar memilih makanan yang sehat, mengatur porsi makan, serta olahraga rutin. Jika Anda mau diet ketat, Anda juga bisa berkonsultasi ahli gizi agar dapat dibantu mengatur pola dan porsi makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com