Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Sakit Punggung

Kompas.com - 25/09/2017, 07:45 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Sakit punggung adalah penyakit yang paling banyak dikeluhkan orang. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh aktivitas sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari – misalnya mengangkat benda berat, duduk terlalu lama, trauma akibat kecelakaan, posisi membungkuk yag terlalu lama, dan lain sebagainya.

Tapi lebih baik mencegah dan menghindari hal-hal yang bisa memicu sakit ataupun nyeri pada punggung daripada harus mengobatinya. Beberapa tips mudah ini bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit punggung.

1. Olahraga

Salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit punggung adalah aktif bergerak dengan berolahraga secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan, daya tahan tubuh, serta mendukung otot-otot Anda untuk bekerja lebih efektif.

Membangun otot yang kuat dan lentur akan memacu metabolisme tubuh bekerja lebih baik untuk menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Tubuh yang kuat dan lentur dapat membantu Anda meraih tingkat kebugaran tubuh yang paling optimal, mencegah cedera, dan bahkan melindungi Anda dari berbagai kondisi menyulitkan, seperti arthritis dan nyeri punggung, dan berbagai penyakit serius lainnya.

Ilustrasi olahraga dengan matrasWavebreakmedia Ltd Ilustrasi olahraga dengan matras
Selama berolahraga otot tubuh Anda akan belajar untuk menggunakan oksigen secara efisien. Pembakaran oksigen yang semakin efisien akan mengurangi penumpukan asam laktat pada otot. Dengan kata lain, Anda bisa terhindar dari pegal-pegal hingga cedera karena aktivitas harian.

Tidak hanya itu, olahraga juga merupakan salah satu cara untuk menjaga berat badan agar tetap sehat. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat mempengaruhi otot-otot punggung yang nantinya bisa menambah ketegangan di bagian punggung.

Pada dasarnya Anda bisa melakukan olahraga apapun, namun olahraga yoga dan pilates merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mencegah sakit punggung. Jika Anda sebelumnya memiliki riwayat sakit di sekitar persendian, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk menentukan jenis olahraga yang terbaik.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Sakit Pinggang

2. Menjaga pola makan sehat

Asupan nutrisi yang Anda makan sehari-hari nyatanya memengaruhi kekuatan tulang punggung dan sekitar tulang belakang. Tidak hanya itu, pola makan yang baik juga dapat mejaga berat berat badan dan memastikan nutrisi apa saja yang tersedia untuk mencegah kerusakan pada tulang belakang.

Ilustrasi Makanan sehatGeorgeRudy Ilustrasi Makanan sehat
Seperti yang telah dijelaskan di atas, kelebihan berat badan membuat tubuh harus menahan beban berlebih sepanjang waktu yang pada akhirnya dapat menyebabkan peradangan pada otot dan sendi sekitar tulang belakang.

Nah, asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ini nantinya akan membantu memulihkan dan menguatkan tulang belakang Anda. Itu sebabnya, pemilihan makanan yang kaya asupan nutrisi dan gizi seimbang sangat penting untuk dilakukan.

Perbanyak konsumsi buah sayur dan hindari beragam makanan yang banyak mengandung lemak, gula, serta kolesterol jahat.

Baca juga: Cara Gampang Mengukur Makanan Saat Diet

3. Perbaiki posisi tubuh

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com