Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Batik Satu Warna? Begini Cara Padu Padannya

Kompas.com - 02/10/2017, 16:28 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memperingati hari batik nasional setiap 2 Oktober, banyak orang mengenakan batik sebagai tanda kecintaannya terhadap karya seni Tanah Air. Batik kini juga lazim ditemui di berbagai acara, termasuk untuk bekerja dan bepergian.

Mengenakan batik pun kini lebih mudah karena ada banyak sekali pilihan motif dan warna. Nah, jika Anda memiliki batik dengan corak satu warna dan ingin terlihat bergaya saat mengenakannya, jangan khawatir. Seperti dikutip dari buku Inspirasi Batik Betawi, berikut ini beberapa tipsnya untuk memadupadankan batik satu warna agar terlihat lebih bagus.

1. Batik satu warna yang memiliki warna dasar kain putih akan serasi jika dikombinasikan dengan material atau kain sejenis polos warna putih.

2. Batik satu warna juga akan tetap terlihat menarik jika dikombinasikan dengan material atau kain polos sejenis yang warnanya senada dengan warna motif batik.

3. Batik satu warna juga bisa dikombinasikan dengan batik satu warna lainnya yang berbeda motif. Untuk warnanya, bisa dipilih yang senada atau kontras harmonis.

4. Jika ingin menampilkan batik satu warna yang lebih edgy, bisa juga dikombinasikan dengan material atau jenis kain bermotif simpel, semisal kotak, garis atau polkadot. Konsep tabrak motif ini bisa akan sangat menarik dan modern. Pastikan saja untuk memilih warna batik dan kain padanannya yang senada, sehingga menjadi "benang merah" dari busana.

5. Dalam mengolah kain batik satu warna, penting juga untuk memperhatikan motifnya. Apakah besar atau kecil, apakah bergaya "ceplok" atau saling menyambung, apakah klasik atau kontemporer.

6. Jika ingin menambah aksen pada busana, bisa ditambah dengan aplikasi border yang lebih berwarna. Namun perhatikan saat menerapkan aksen agar motif batik tetap terlihat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com