Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Suka dengan Kado yang Didapatkan? Lakukan Ini

Kompas.com - 24/12/2017, 10:08 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Natal dan Tahun Baru biasanya identik dengan pemberian kado. Yah, momen seperti ini memang saat yang tepat untuk saling memberi kado. Namun, apa yang harus dilakukan saat menerima kado yang tidak kita sukai?

Anda tidak sendirian. Survei dari Gift Wink mengungkapkan fakta bahwa 84 persen orang tidak menyukai kado yang diperolehnya. Sementara itu, hanya 9 persen orang yang berani mengakuinya.

Jika Anda termasuk di antaranya, gunakanlah cara yang sopan dan tidak menyakiti perasaan si pemberi kado. Anda dapat melakukan hal ini terhadap kado yang diterima:

1. Jangan mengharapkan kado tertentu

Pertama-tama, sebelum Anda membuka hadiah yang didapatkan, pahami pola pikir yang benar. Jika Anda ingin mendapat hadiah yang spesial, Anda perlu menyiapkan diri untuk kecewa.

Mungkin si pemberi hadiah sulit membaca isi pikiran Anda. Kecuali, jika Anda secara khusus mengatakan apa yang diinginkan.  Jika tidak, tak perlu kecewa bila ternyata isi kadonya tak sesuai harapan Anda.

2. Berpikiran terbuka

Begitu Anda membuka dan melihat isi kado yang Anda terima, nikmati momennya.  Jangan bereaksi apapun sampai Anda memahami alasan di baliknya. Faktanya adalah bahwa teman atau orang yang Anda cintai membelikan barang tersebut karena merasa Anda akan menyukainya. Dengan pemikiran tersebut, Anda akan belajar untuk menyukai hadiah yang diterima.

3. Temukan hal positif dari kado tersebut

Tepat setelah Anda mengucapkan "terima kasih!" dan sebelum Anda mengatakan hal lain, temukan hal positif tentang hadiah itu. Bisa jadi sesuatu yang kecil, tetapi Anda menyukai warnanya. Dengan menemukan hal positif tersebut, secara otomatis pikiran Anda akan tersugesti untuk menyukainya.

4. Cari alasan yang tepat untuk menolaknya

Jika Anda benar-benar tidak menemukan cara untuk menyukai hadiah tersebut, cobalah untuk menemukan alasan yang tepat untuk tidak menggunakan kado tersebut.

Misalnya, jika Anda mendapat kado berupa pakaian maka Anda bisa mengatakan pada si pemberi bahwa ukurannya kurang sesuai atau bagian lengannya agak sempit. Setelah itu, Anda bisa menukar kado yang didapatkan dengan barang yang benar-benar Anda inginkan tanpa menyakiti hati orang yang memberinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com