Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Make Up yang Sering Dilakukan Wanita Berkulit Gelap

Kompas.com - 01/04/2018, 10:51 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Wanita berkulit gelap, misalnya sawo matang hingga cokelat, perlu lebih berhati-hati dalam menerapkan riasan wajah agar kulit tidak terlihat belang atau kusam.

Make Up Artist (MUA) Slam Wiyono mengatakan, kesalahan utama kebanyakan wanita Indonesia adalah berprinsip bahwa cantik itu putih.

"Akibatnya mereka tak ragu pakai perawatan yang bikin kulit mengelupas atau pakai bedak yang putih banget sampai kaya topeng karena warna mukanya beda dengan tangan," kata Slam di sela acara peluncuran trend make up terbaru dari Wardah di Indonesia Fashion Week (29/3).

Untuk penggunaan alas bedak (foundation), Slam merekomendasikan untuk memilih warna yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit.

"Jadi enggak terlalu jomplang banget dengan warna kulit lain," ujarnya.

Untuk mengetahui warna make up yang tepat untuk kulit, menurut MUA Adi Adrian, kita harus mengetahui dulu warna kulitnya gelap tapi lebih cenderung ke kuning atau pink.

"Orang Indonesia kebanyakan gelap tapi lebih ke warna kuning, kalau orang Amerika Latin biasanya gelap ke arah merah," ujar Adi dalam acara yang sama.

Ketidaktahuan akan warna kulit bisa membuat kita memilih warna riasan yang keliru. "Misalnya kulitnya gelap kekuningan tapi pilihnya warna gelap untuk pink, jadinya malah abu-abu," katanya.

Senada dengan Slam, Adi juga merekomendasikan penggunaan foundation dengan satu tone lebih terang.

"Kalau takut warna kulitnya tampak belang, cukup pakai sun block saja karena warnanya transparan. Setelah itu pakai loose powder dan compact powder. Terakhir, semprot dengan air supaya look-nya lebih natural," saran Adi.

Adi menunjukkan riasan yang tepat untuk wanita berkulit gelap di acara trend make up terbaru dari Wardah kosmetik yang bertema Sinar dan Pijar di ajang Indonesia Fashion Week 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com