Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2018, 06:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Rambut indah nan sehat tentu jadi idaman semua orang. Namun sayang, ada banyak hal yang bisa membuat helai rambut terus rontok tanpa disadari. Sudah tahukah kamu apa yang bisa menjadi penyebab rambut rontok terus?

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan banyaknya helai rambut rontok setiap hari. Coba teliti kembali, mungkin beberapa hal penyebab rambut rontok ini sedang kamu alami.

1. Kekurangan zat besi

Ilustrasi makanan yang mengandung zat besipiotr_malczyk Ilustrasi makanan yang mengandung zat besi
Tubuh yang tidak mendapatkan cukup asupan zat besi sangat rentan mengalami gangguan dalam produksi sel darah merah.

Padahal, sel darah merah punya peran yang penting dalam tubuh, yakni sebagai pembawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh seluruh sel-sel tubuh. Rambut adalah salah satunya.

Itu sebabnya, jumlah zat besi yang tidak mencukupi akan membuat rambut jadi rapuh dan mudah rontok.

2. Kulit kepala bermasalah

Ilustrasi rambut berketombevchal Ilustrasi rambut berketombe
Kondisi kulit kepala yang tidak sehat bisa mengakibatkan peradangan sehingga menyulitkan proses pertumbuhan rambut baru. Di saat yang bersamaan, helai rambut pun lebih gampang gugur satu per satu.

Masalah ketombe, mengalami psoriasis, serta infeksi jamur seperti kurap di kulit kepala, merupakan beberapa penyebab rambut rontok yang sering tidak disadari.

3. Perawatan rambut tidak sesuai

ilustrasishutterstock ilustrasi
Hampir setiap hari menggunakan alat penata rambut seperti catokan, blow, hair dryer? Mungkin ini salah satu penyebab mengapa helai rambut yang rontok tidak ada hentinya.

Pasalnya, panas yang dihantarkan alat-alat tersebut dapat mengakibatkan folikel rambut, atau tempat pertumbuhan rambut baru, jadi lemah, rusak dan rapuh.

Bukan hanya itu, penggunaan bahan kimia dari proses pewarnaan rambut serta terlalu sering mengikat rambut di tempat yang sama dalam waktu lama, juga jadi alasan berikutnya mengapa rambut selalu rontok.

4. Perubahan hormon dalam tubuh

Ilustrasi perubahan hormonAntonioGuillem Ilustrasi perubahan hormon
Kehamilan, persalinan, penggunaan pil KB, menopause, serta masalah tiroid adalah berbagai kondisi yang menyebabkan kadar hormon di dalam tubuh tidak stabil. Akibatnya, rambut ikut merasakan dampaknya berupa kerontokan yang tampak semakin parah dari hari ke hari.

5. Konsumsi obat-obatan

Ilustrasi obat-obatantheevening Ilustrasi obat-obatan
Penyebab rambut rontok tidak harus selalu dari kondisi rambut. Pengaruh dari luar, misalnya sedang rutin minum jenis obat tertentu, bisa memberikan efek samping bagi rambut. Contohnya obat atau pengobatan untuk penyakit kanker, jantung, depresi, arthritis, asam urat, maupun tekanan darah tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com