Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendidikan dan Kesehatan Jadi Simbol Status Kaum Super Kaya

Kompas.com - 27/11/2018, 08:09 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Kekayaan selama ini sinonim dengan berlian besar di cincin, super car, atau kilau jam Rolex. Kini, kaum jetset dunia lebih bijaksana membelanjakan uangnya.

Pada era di mana konsumsi massa berarti orang kaya "beneran" dan kelas menengah bisa sama-sama memiliki barang bermerek, kaum jetset lebih memilih untuk menghabiskan uangnya pada sesuatu non-materi.

Mereka rela mengeluarkan ribuan dollar demi keamanan dan privasi. Misalnya saja membeli rumah di tempat tersembunyi, jauh dari jangkauan kamera Google street.

Elizabeth Currid-Halkett menyebut cara baru membelanjakan uang ini dengan "konsumsi yang tidak mencolok" (inconspicuous consumption).

Ia menuliskan gaya hidup orang super kaya ini dalam bukunya  “The Sum of Small Things: A Theory of an Aspirational Class.”

Berbeda dengan "konsumsi yang mencolok" yang merujuk kepada konsep menggunakan uang untuk membeli barang-barang sebagai simbol status.

Di Amerika Serikat, orang-orang super kaya yang jumlahnya hanya satu persen dari penduduk itu, dalam 10 tahun terakhir ini semakin sedikit membelanjakan uang untuk barang materi.

Kelompok elit baru ini mengukuhkan statusnya melalui pengetahuan dan membangun modal budaya, belum termasuk soal kebiasaan belanja yang menyertainya.

Baca juga: 4 Hal Utama yang Bedakan Orang Kaya dan Orang Kelas Menengah

Menghindari materialisme terang-terangan, orang kaya berinvestasi jauh lebih banyak dalam pendidikan, pensiun, dan kesehatan.

"Semuanya tidak material, namun biayanya jauh lebih banyak daripada tas apa pun yang dapat dibeli oleh konsumen kelas menengah," kata Currid-Halkett.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Pengeluaran yang tidak mencolok itu mungkin tidak terlihat oleh kelas menengah, tetapi langsung dikenali oleh sesama orang kaya.

Hal itu menjadi "modal budaya" bagi sesama kaum jetset dan pengikat status. Hal ini mereproduksi keistimewaan yang tidak bisa disamakan dengan barang-barang bermerek.

Dana pendidikan

Menunjukkan kecerdasan dan pengetahuan menjadi pengungkit untuk menaiki tangga sosial dan membentuk hubungan.

Itu sebabnya para orangtua menyiapkan posisi sosial bagi anak-anaknya melalui pendidikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com