Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2020, 21:23 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Tanpa kita sadari, anak-anak terus bertumbuh, belajar, dan berkembang setiap hari dalam hidup mereka.

Dan untuk mempelajari keterampilan baru, anak-anak tidak perlu selalu duduk di belakang meja atau di depan layar komputer.

Mendorong anak-anak untuk beraktivitas di luar ruangan, membuat tangan mereka kotor di kebun juga akan membantu mereka mengembangkan keterampilan hidup baru yang berharga.

Lagipula, apa yang bisa lebih menyenangkan daripada menjadi kotor, menggali tanah, menanam bunga-bunga mereka sendiri, menyiraminya dengan air, dan memerhatikan tanaman-tanaman tumbuh?

Baca juga: Berkebun Sayur, Hobi Baru yang Bikin Bahagia di Tengah Pandemi

Berkebun bukan hanya menyehatkan, anak-anak dapat belajar keterampilan baru, bersenang-senang, bermain, dan mengembangkan rasa percaya diri dengan menghabiskan waktu di kebun merawat tanaman dan menanam sumber makanan mereka sendiri.

Selain itu, berkebun membantu mengajari anak-anak pentingnya mengelola, sambil memperkuat pemberdayaan dan ketegasan, serta menjadi momen menyenangkan menghabiskan waktu bersama orangtua mereka.

Menurut Colin Campbell-Preston BSc (Hons) Hortic, managing director Capital Gardens, setidaknya ada enam manfaat berkebun untuk anak-anak.

1. Tanggung jawab

Mengajari anak-anak pentingnya tanggung jawab akan membuat mereka siap menghadapi semua aspek kehidupan mereka.

Berkebun adalah cara yang bagus untuk mendorong anak kecil untuk menerima tanggung jawab atas tugas atau proyek tertentu.

Bisa mengemban tanggung jawab dan pertanggungjawaban dengan baik juga akan membantu anak-anak bangga dengan prestasi mereka.

2. Kreativitas

Berkebun adalah cara yang bagus untuk merangsang imajinasi anak-anak dan mendorong mereka untuk melatih kreativitas mereka.

Baik mereka memilih tanaman, belajar menanam, atau merawat tanaman, taman adalah lingkungan yang bagus untuk mengeksplorasi dan menemukan cara baru dan menarik untuk membangun dan menumbuhkan kreativitas mereka.

Baca juga: Baik untuk Kesehatan Mental, Berkebun Bisa Redakan Cemas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com