Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Tanpa Membosankan Lewat Mainan yang Tepat

Kompas.com - 20/09/2020, 15:07 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Dunia balita adalah dunia bermain. Lewat berbagai permainan sederhana di rumah, orangtua bisa mengajak si kecil belajar banyak hal.

Kegiatan bermain memiliki banyak manfaat untuk anak, mulai dari membangun rasa percaya dirinya, hingga mengembangkan berbagai keterampilan.

Psikolog dan pemerhati anak Dr.Seto Mulyadi Sp.Psi yang akrab disapa Kak Seto, mengatakan orangtua harus memanfaatkan waktu bermain anak.

“Belajar efektif kalau nuansanya bermain. Kalau pandemi, diajak belajar pasti cemberut, ajak saja bermain, tapi sambil belajar,” ujar Kak Seto dalam virtual press conference “Olike Edu Toys Launching” di Jakarta, pekan lalu.

Dia menambahkan, bermain di sini bukan berarti anak bisa memilih permainan sesukanya, namun, orangtua memilihkan permainan yang mengandung unsur pelajaran seperti bermain musik. Contoh lain adalah menggunakan mainan yang kaya warna.

“Dengan cara yang sesuai dengan psikologi perkembangan anak, nuansanya harus penuh dengan warna warni, colorfull,” kata Kak Seto.

Baca juga: Cara Mudah Mengajarkan Matematika dan Bahasa Inggris pada Balita

Pilihan mainan

Saat ini orangtua juga bisa mengajarkan materi agama secara lebih menyenangkan untuk anak usia balita lewat mainan.

Salah satu pilihan diperkenalkan oleh brand Olike Edu Toys yang menghadirkan tiga permainan baru yaitu, Olike LCD Drawing Board yang akan mendukung kecerdasan spasial anak, Olike Smart Sajadah sebagai media anak belajar kecerdasan intrapersonal, dan Olike Hand Roll Piano yang melatih kecerdasan musikal anak.

“Dengan menggabungkan tiga hal yakni, teknologi, keinginan untuk mewujudkan impian anak agar bebas berekspresi, serta pembelajaran yang menyenangkan,” jelas Fiki Khoerul Umami sebagai Public Relation Olike Edu Toys.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com