Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2020, 17:47 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com— Rambut rontok bisa jadi cara tubuh memberi sinyal adanya masalah seperti stres, perawatan rambut yang salah, gangguan hormon, hingga kekurangan nutrisi.

Dengan mengetahui sumber masalahnya, cara perawatannya pun jadi lebih tepat. Selain penggunaan produk-produk perawatan rambut, jangan sepelekan pentingnya perawatan dari dalam, yaitu dengan memperbaiki nutrisi.

Berikut adalah tujuh jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

1. Bayam

Bayam kaya akan zat besi, vitamin A, folat, asam omega-3, magnesium, kalium dan kalsium yang menjaga rambut tetap kuat dan sehat. 

Kandungan vitamin A dalam bayam cukup tinggi dan vitamin ini membantu kelenjar memproduksi sebum, minyak alami yang bisa melembabkan kulit kepala agar tetap sehat.

Baca juga: Pakai Jus Bayam untuk Jaga Kesehatan Kulit, Ini Caranya

2. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari kaya akan vitamin B5 yang membantu melancarkan aliran darah di kulit kepala yang mendorong pertumbuhan rambut.

Vitamin B5 adalah asam pantotenat yang merupakan nutrisi penting yang berhubungan dengan rambut rontok.

Ilustrasi pasien mengalami rambut rontok karena Covid-19, infeksi virus corona.SHUTTERSTOCK/Nalada Nagawasuttama Ilustrasi pasien mengalami rambut rontok karena Covid-19, infeksi virus corona.

3. Buah bit
Buah bit diketahui mengandung nitrat yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di tubuh kita. Ini dapat memberi folikel rambut kita oksigen dan nutrisi.

4. Oat
Oat mengandung beta-glukan yang merupakan jenis serat yang mudah larut. Rambut rontok juga terkait dengan sensitivitas insulin alias gangguan hormon, dan kandungan serat gandum dapat membantu memperbaikinya.

Baca juga: Memahami Hubungan Gula Darah dan Insulin

5. Daging ayam
Asam arakidonat adalah salah satu faktor utama untuk merangsang pertumbuhan rambut agar menjadi tebal dan indah. Dan daging ayam adalah sumber asam ini.

6. Paprika merah
Vitamin C secara efektif dapat mencegah rambut patah. Dan paprika merah dikemas dengan Vitamin C yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

7. Seafood
Makanan laut seperti kerang atau udang juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Seafood misalnya, merupakan sumber vitamin B, zat besi, iron, hingga vitamin D. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh akan vitamin dan mineral ini membantu merangsang pertumbuhan rambut dan siklus perbaikan sel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com