Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2020, 11:27 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

 

KOMPAS.com - Beragam diet kini hadir untuk membantu mempercepat program penurunan berat badan. Salah satu jenis diet yang ada adalah diet berdasarkan golongan darah.

Diet golongan darah berasal dari buku 1996 Eat Right for Your Type oleh dokter naturopati Peter J. D’Adamo.

Gagasan di baliknya adalah bahwa respons tubuh terhadap makanan secara langsung terkait dengan golongan darah.

Penulis memberikan pedoman untuk orang dengan berbagai golongan darah berbeda, makanan yang sebaiknya dimakan, dan makanan yang harus mereka hindari.

Diet tersebut diklaim dapat membantu orang menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Bagaimana kisahnya?

Idenya tidak sepenuhnya orisinal. Pada 1960-an, ayah D'Adamo yang juga naturopath, James D'Adamo, berhipotesis bahwa golongan darah adalah salah satu faktor mengapa beberapa diet bekerja lebih baik pada orang tertentu.

Walau awalnya skeptis, tetapi saat mengerjakan tesisnya di Universitas Bastyr, Peter memutuskan untuk menguji teori ayahnya.

Menggunakan karakteristik yang diidentifikasi ayahnya di antara golongan darah, D'Adamo membuat program diet dan menerbitkan Eat Right for Your Type, yang telah terjual lebih dari tujuh juta eksemplar.

Pola makan menurut tipe darah

Menurut program tersebut, pola makan tipe A didominasi oleh pola makan vegetarian. Alasannya orang dengan golongan darah ini mengalami kesulitan mencerna protein dan lemak hewani.

Berfokus pada makanan organik segar, diet golongan darah A menyarankan untuk menghilangkan produk susu dan gandum, dan makan lebih banyak salmon, sayuran, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Sementara diet tipe B mencakup lebih banyak variasi makanan, karena mengklaim bahwa nenek moyang dengan golongan darah ini adalah omnivora.

Rekomendasinya cukup mirip dengan diet paleo, namun dengan pengecualian agar menghindari ayam, jagung, roti gandum, dan kopi.

Diet tipe AB adalah diet yang menyeluruh, karena orang dengan golongan darah ini diduga dapat mencerna berbagai makanan.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com