Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Ramuan Pengusir Semut, Mudah dan Tidak Beracun

Kompas.com - 24/08/2021, 12:25 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hadirnya semut di rumah memang berpotensi menganggu kenyamanan kita. Bagaimana tidak, hewan kecil satu ini sering menyusup ke lemari makanan, bahkan masuk ke dalam gelas minuman kita.

Dan yang lebih menyebalkan, gangguan semut ini seakan tidak bisa berhenti. Setelah kita selesai membasmi kawanan semut di suatu tempat, mereka akan muncul lagi di tempat lain, membuat kita bingung di mana seharusnya menyimpan makanan.

Namun tenang saja, mengusir semut sebenarnya tidak sulit. Kita bisa meracik ramuan pengusir semut dengan bahan yang bisa didapatkan dari toko terdekat, dan hebatnya lagi, ramuan ini tidak beracun!

Untuk mengetahui resepnya, simak ulasan berikut ini.

Bahan dan alat yang diperlukan

Sebelum mulai meracik ramuan pengusir semut ini, siapkan beberarapa bahan dan alat berikut:

  • Baking soda
  • Gula bubuk
  • Tutup toples (atau sesuatu yang memiliki bentuk serupa untuk menahan umpan, meski container tidak diperlukan)
  • Sendok pengukur

Baca juga: Rumah Bebas Semut dengan 7 Langkah Mudah, Mau Tahu?

Cara membuat racikan pengusir semut

Campurkan ¾ sendok makan baking soda dengan ¾ sendok makan gula bubuk lalu aduk langsung di tutup toples. Melansir Apartment Therapy, semut tidak dapat membedakan baking soda dan gula bubuk karena ukurannya yang serupa.

Nah, gula ini akan mengundang semut datang, sementara baking soda membunuh mereka dengan bereaksi terhadap asam yang ada dalam system pencernaan semut. Pada akhirnya, semut akan meledak.

Lalu, tempatkan racikan ini di lokasi yang srategis dan tunggu agar baking soda melakukan tugasnya. Kita juga dapat menggunakan sebuah tutup toples atau sesuatu yang serupa untuk menjaga agar umpan tidak berceceran.

Selain itu, kita bisa meletakkannya langsung di tempat semut banyak ditemukan.

Menurut Ashley Poskin dari Apartment Therapy, setelah membuat tiga umpan dalam tutup toples dan menunggu selama beberapa hari, jumlah semut di dapur miliknya berkurang drastis.

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk menjaga area yang bermasalah tetap bersih dan tidak ada sisa makanan, gunakan cuka untuk membersihkan lantai dapur dan menggosok sisa jejak semut.

Lalu, jika kita menemukan sarang atau jalan masuk semut, ia menyarankan agar kita menggunakan Borax atau tanah diatom dan menutupnya dengan dempul bening.

Baca juga: 6 Cara Basmi Semut Tanpa Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com