Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Tanaman yang Dapat Ditanam di Ruangan Kecil

Kompas.com - 01/09/2021, 12:49 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang mulai beralih untuk bercocok tanam sebagai aktivitas baru di masa pandemi ini, baik karena ingin mengusir kebosanan atau mencari kesibukan di luar pekerjaan.

Namun, tak sedikit juga yang merasa kesulitan untuk mulai melakukan aktivitas menanam ini karena terbatasnya ruangan yang ada di dalam rumah.

Tapi jangan khawatir. Kita masih dapat menanam beberapa tanaman yang tidak membutuhkan banyak ruang, dan bisa menaruhnya di mana saja asalkan tetap merawatnya dengan baik.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut 6 jenis tanaman yang paling mudah perawatannya dan tentu saja hemat ruangan.

1. Tomat

Ilustrasi tomat ceri, tanaman tomat ceri.PIXABAY/CJ Ilustrasi tomat ceri, tanaman tomat ceri.
Tomat dapat dengan mudah ditanam di ruang kecil seperti balkon atau teras. Tanaman ini juga bisa berkembang baik dalam pot dengan lebar 18-24 inci atau lebih.

Tanaman tomat biasanya membutuhkan iklim yang hangat dan kita harus menunggu hingga 30-40 hari sebelum memanennya sejak benih disemai.

Sebelum menanam tomat, pilihlah varietas terbaik yang menghasilkan hasil maksimal dan tabur benih dalam campuran tanah yang berkualitas. Untuk menanam tomat ceri, kebun vertikal adalah pilihan yang baik.

Pastikan juga tanaman mendapat cukup cahaya langsung karena tomat menyukai kehangatan.

Tak lupa untuk menyiramnya secara teratur, tetapi jangan terlalu berlebihan atau tanaman akan layu. Pangkas daun tua dan kuning untuk menjaga tanaman tomat tetap sehat.

Baca juga: Tomat Termasuk Buah atau Sayur?

2. Daun mint

Ilustrasi tanaman mint.FREEPIK/ARTHURHIDDEN Ilustrasi tanaman mint.
Daun mint adalah salah satu tanaman herbal abadi yang paling mudah dan paling cepat tumbuh.

Untuk menanamnya, pilih pot kecil, idealnya berdiameter 8-12 inci (20-30 cm) dengan drainase yang sangat baik dan dapat ditanam di dapur.

Tanaman dapat dipanen dengan memotong tangkainya ketika panjangnya sekitar 8 inci (20 cm).

Tempatkan daun mint dalam toples penuh air atau tabur benih langsung di pot tanah. Daun mint juga menyukai naungan parsial dan tanah yang lembab. Jadi, menjaga pot di dekat jendela mendorong pertumbuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com