Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2021, 18:52 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berkencan tampak jauh lebih mudah dilakukan ketika kita masih muda, karena semuanya tampak begitu lebih sederhana. Cuma perlu rasa saling mencintai dengan pasangan, cukup.

Namun, begitu memasuki usia 30-an, berkencan rasanya berbelit-belit, dan kita harus banyak menyaring calon pasangan yang tepat, bukan hanya modal cinta saja.

Beberapa aspek berkencan di usia 30-an membuat prosesnya seakan lebih sulit, karena jumlah kandidat yang juga menyusut.

Selain itu, berkencan di usia 30-an berarti kita mungkin telah mengalami kegagalan dari sebuah hubungan.

Baca juga: Populer di Dunia Kencan, Apa itu Ghosting?

Kendati demikian, berkencan di usia 30-an tetap memiliki banyak keuntungan, karena kita sudah mengenal diri kita jauh lebih baik, dan lebih matang lewat proses dari hubungan sebelumnya.

Kuantitas kencan juga mungkin berkurang, tetapi kualitasnya cenderung meningkat saat kita menggunakan kebijaksanaan yang berkembang seiring bertambahnya usia.

Nah, bagi yang mulai untuk berkencan lagi di usia 30-an, cobalah untuk menyimak delapan pedoman penting yang mungkin dapat membantu.

1. Mengetahui siapa diri kita

"Jalan terpendek menuju kesuksesan dalam sebuah hubungan adalah dengan memahami diri sendiri," kata seorang pakar hubungan cinta, Kingsley Moyo.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk memulai berkencan di usia 30-an, sebaiknya kita fokus pada hal ini terlebih dahulu.

Konselor berlisensi, Shanta Jackson, MA, LPC juga berpendapat, hal terburuk yang dapat kita lakukan untuk diri sendiri adalah berkencan di usia 30-an, dan tidak tahu siapa diri kita.

"Ini akan memperpanjang fase kencan dan membuang waktu dengan orang-orang yang tidak tahu bagaimana memperlakukan kita karena kita tidak mengenal diri sendiri," kata dia.

2. Belum berpengalaman bukan berarti tidak baik

Moyo mencatat, banyak kencan mungkin yang melebih-lebihkan keterampilan seksual, romantis, dan percakapan dengan pasangan.

Baca juga: Pertanyaan yang Sebaiknya Diajukan saat Kencan Pertama

Ketakutan karena kita belum berpengalaman tentang hubungan percintaan terkadang dapat menghambat diri untuk berkencan dengan orang lain.

Tetapi usia tidak selalu merupakan indikator pengalaman.

Banyak orang menunda memikirkan kehidupan kencan mereka karena fokus pada karir, kehidupan sosial, atau hobi di usia remaja dan itu benar-benar valid.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com