Kompas.com - 20/09/2021, 10:54 WIB
Ghosting adalah istilah kencan sehari-hari yang mengacu pada pemutusan kontak secara tiba-tiba dengan seseorang tanpa memberi penjelasan apapun pada orang yang bersangkutan. FREEPIKGhosting adalah istilah kencan sehari-hari yang mengacu pada pemutusan kontak secara tiba-tiba dengan seseorang tanpa memberi penjelasan apapun pada orang yang bersangkutan.

KOMPAS.com - Apa itu ghosting? Istilah ini sangat sering kita dengar dalam konteks hubungan asmara.

Meskipun, ghosting sebetulnya tidak terbatas pada hubungan asmara saja. Relasi lainnya seperti kencan informal, keluarga, pertemanan, bahkan pekerjaan juga bisa berakhir dalam bentuk ghosting.

Apa itu ghosting?

Melansir Verywell Mind, ghosting adalah istilah kencan sehari-hari yang mengacu pada pemutusan kontak secara tiba-tiba dengan seseorang tanpa memberi penjelasan apapun pada orang yang bersangkutan.

Sekalipun orang yang di-ghosting kembali mengontak atau mendekat, pelaku ghosting sering kali menyambutnya dengan keheningan.

Seperti istilahnya, pelaku ghosting "menghilang" seolah mereka adalah hantu (ghost).

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Pemula Sebelum Kencan Online

Mengapa seseorang melakukan ghosting?

Dalam bentuk hubungan asmara, situasi ghosting biasanya terjadi ketika kencan sudah dilakukan beberapa kali, namun salah satu pihak menghilang tiba-tiba.PEXELS/ANDREW NEEL Dalam bentuk hubungan asmara, situasi ghosting biasanya terjadi ketika kencan sudah dilakukan beberapa kali, namun salah satu pihak menghilang tiba-tiba.
Ghosting bisa terjadi dalam berbagai bentuk relasi. Dalam bentuk hubungan asmara, situasi ghosting biasanya terjadi ketika kencan sudah dilakukan beberapa kali, namun salah satu pihak "menghilang" tiba-tiba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasannya bisa jadi karena tidak merasakan percikan romantis, terlalu sibuk untuk berkomitmen, atau sekadar tidak siap.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang melakukan ghosting. Menurut Healthline, di antaranya adalah:

  • Rasa takut

Di dalam diri manusia sering kali tertanam ketakutan akan akan hal-hal yang tidak diketahui.

Seseorang mungkin memutuskan untuk melakukan ghosting untuk mengakhiri relasi karena takut mengenal seseorang yang baru atau takut akan reaksi mereka saat memutuskan relasi tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.