Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Kencan Online Hanya Buang-buang Waktu, Ini Alasannya

Kompas.com - 28/01/2022, 08:00 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat pandemi mulai memasuki Indonesia, kencan online pun makin diminati.

Memang, kencan online bisa mengobati rasa “haus” orang-orang yang mendambakan kencan normal tapi sulit bertemu.

Kencan online juga memiliki beberapa kelebihan, seperti lebih banyak potensi kecocokkan, menghemat waktu, atau menghemat uang.

Namun, sama seperti kencan normal pada umumnya, kencan online pun memiliki kekurangan yang sama, seperti sangat mudah mengatakan sesuatu yang salah.

Lebih jauh, menurut penelitian, kencan online rupanya hanya buang-buang waktu saja.

Ya, meski situs kencan eHarmony mengklaim bahwa 20 persen hubungan asmara yang ada saat ini dimulai dari kencan online, sebuah penelitian baru mengatakan hal berbeda.

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Psychological Science itu, mendapatkan koneksi online yang cocok dengan kita sangat bergantung pada keberuntungan.

Penelitian itu juga menyebut bahwa mencocokkan orang dengan sifat dan nilai yang sama --hal yang dipakai dalam algoritma situs kencan online-- merupakan metode yang buruk.

Penelitian tersebut mengklaim bahwa sebenarnya tidak mungkin mencari tahu apakah orang yang memiliki nilai dan sifat yang sama itu bisa jatuh cinta.

“Ketertarikan tidak mungkin diprediksi sebelum dua orang benar-benar bertemu,” kata Samantha Joel, profesor psikologi Universitas Utah yang juga merupakan peneliti utama dalam penelitian.

Menurutnya, sebuah hubungan bukan hanya menyatukan beberapa bagian tertentu, Namun, harus ada pengalaman bersama yang terjadi saat bertemu langsung dengan seseorang.

Nah, untuk mencapai hasilnya, Joel dan timnya menggunakan data kencan kilat untuk mengonfirmasi kemampuan algoritma berbasis komputer dalam memprediksi koneksi yang akan terjadi pada dua orang yang awalnya tak saling mengenal.

Memang, komputer mungkin dapat memprediksi seberapa besar seseorang menginginkan pasangan.

Komputer juga bisa menilai seberapa besar kesamaan keduanya. Namun, komputer tak dapat menunjukkan apa yang membuat dua orang jatuh cinta satu sama lain.

Baca juga: Fakta Mengejutkan dari Pasangan yang Bertemu di Aplikasi Kencan

Dalam penelitian, para peneliti menggunakan algoritma machine-learning mutakhir untuk menguji apakah mungkin komputer dapat memprediksi hasrat romantis seseorang hanya dengan tanggapan kuesioner yang mencakup lebih dari 100 sifat dan preferensi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com