Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didi Budiardjo Tuangkan Mimpi dan Kreativitasnya lewat Bedtime Stories

Kompas.com - 22/07/2022, 20:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desainer ternama Indonesia Didi Budiardjo kembali menggelar peragaan busana bertajuk "Bedtime Stories" di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2022) lalu.

Dalam pagelaran tersebut, desainer yang telah berkecimpung di dunia fesyen sejak tahun 90-an itu membawakan 55 koleksi yang terdiri dari berbagai gaya busana.

Menurut Didi, "Bedtime Stories" merupakan mimpi dan kreativitas yang sudah dipersiapkannya sejak sebelum pandemi.

"Dalam benak saya, bagaimana ketika orang akan tidur mereka butuh suatu cerita," katanya.

"Dan bukan hanya soal tidurnya, tapi bangun itu kita bisa mendapatkan sesuatu yang bermakna," jelas dia.

Baca juga: Rekam Jejak Didi Budiardjo di Industri Mode Indonesia

Bicara soal mimpi, Didi juga menambahkan bahwa setiap perempuan punya mimpi yang berbeda beda.

Oleh sebab itu, sebagian besar koleksinya ini menjadi perwujudan dari mimpi para perempuan yang tentunya beragam.

"Dan itu mungkin yang ingin saya tawarkan, bagaimana setiap perempuan bisa berpakaian dengan baik sesuai dengan keinginan mereka," ujarnya.

Ada pun rancangan terbarunya ini terdiri dari daywear, eveningwear, dan cocktail dress dengan mood pakaian bergaya androgyny dan juga ultra-feminine yang menggunakan warna dan motif yang bebas bagai sebuah mimpi tanpa batas.

Semua rancangan diproyeksikan dalam suasana romantis dan glamor dari kemewahan yang paling minimal hingga yang paling grande.

Didi juga tetap menciptakan satu benang merah untuk koleksi terbarunya ini, yaitu kemodernan dan kemudahan berpakaian layaknya era tahun 90-an.

Menggunakan bahan sustainable

Tidak seperti biasanya, Didi kali ini tidak berfokus pada wastra, melainkan menggunakan bahan-bahan yang lebih berkelanjutan (sustainable) seperti dead stock fabric.

"Untuk bahan-bahannya sendiri memang tidak khusus wastra. Jadi, ini bahan-bahannya dari dead stock fabric," terang Didi.

"Dead stock fabric itu bukan tidak bisa dipakai ya, tapi sudah lama tidak laku terjual, sehingga saya manfaatkan dalam koleksi kali ini."

Desainer ternama Indonesia Didi Budiardjo kembali menggelar peragaan busana bertajuk "Bedtime Stories" di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2022) lalu.KOMPAS.COM/RYAN SARA Desainer ternama Indonesia Didi Budiardjo kembali menggelar peragaan busana bertajuk "Bedtime Stories" di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2022) lalu.
"Semoga koleksinya juga bisa membangkitkan dorongan terhadap sustainable di ranah fesyen untuk mengurangi emisi karbon yang ada," lanjut dia.

Meskipun ide pengerjaannya sudah ada dua tahun yang lalu, namun Didi mengungkapkan tidak semua koleksinya ditampilkan untuk saat ini.

"Tentu saja ada penyesuaian karena tantangan zaman juga akan berubah. Jadi saya menampilkan koleksi dari dua tahun lalu yang menurut saya masih sangat relevan untuk ditampilkan saat ini," imbuhnya.

Baca juga: Karya Didi Budiardjo Dikagumi Ibu Veronica Tan Ahok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com