Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-serbi Perawatan Keratin untuk Rambut Bebas Kusut

Kompas.com - 18/11/2022, 06:25 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kita yang mendambakan rambut halus dan bebas kusut, kita mungkin pernah mendengar tentang perawatan keratin.

Perawatan ini sangat populer di berbagai layanan salon karena dapat mengurangi rambut kusut, menghaluskan kutikula rambut, dan meningkatkan kilau rambut.

Kendati demikian, bagi beberapa orang, perawatan keratin ternyata kurang disukai karena disebut dapat merusak pola ikal rambut, serta menjadi proses yang mahal dan membutuhkan waktu yang panjang.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang perawatan keratin, ahli dermatologi, Dr Alok Vij, MD, pun menjelaskan serba-serbi perawatan tersebut, seperti berikut ini.

Mengenal perawatan keratin

Pada dasarnya, keratin adalah jenis protein yang membentuk permukaan luar rambut, kulit, dan kuku.

"Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan keratin. Keratin akan rusak karena faktor-faktor seperti pemicu lingkungan, bahan kimia, hingga sinar UV," terang Vij.

Ketika bentuk dan struktur keratin berubah, fungsinya pun berubah, yang berarti rambut tidak memiliki kekuatan, elastisitas atau kilau yang sama.

"Di situlah perawatan rambut keratin masuk, yang mana perawatan ini menggunakan proses kimiawi untuk menghaluskan lapisan luar batang rambut," lanjutnya.

Perawatan keratin dapat digunakan pada semua jenis rambut.

Tetapi, menurut Vij, orang-orang yang biasanya melakukan perawatan ini adalah mereka yang memiliki rambut yang lebih panjang atau keriting.

"Namun jika kita memiliki rambut pendek tapi kita tidak senang dengan volume rambut, kita bisa menggunakan perawatan keratin untuk membuat rambut terlihat sedikit lebih penuh dan lebih berkilau," jelasnya.

Baca juga: 3 Kebiasaan yang Bisa Bikin Rambut Bercabang, Hindari dari Sekarang

Cara melakukan perawatan keratin

Proses dalam melakukan perawatan keratin bisa bervariasi di berbagai salon.

Biasanya, penata rambut akan memulai dengan mencuci rambut dua kali dengan clarifying shampoo untuk menghilangkan penumpukan bahan kimia pada rambut.

Setelah itu, perawatan atau larutan keratin diaplikasikan pada rambut basah dan disisir.

Larutan ini akan menempel pada rambut selama dua hingga empat jam, tergantung pada jumlah rambut yang kita miliki dan teksturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com