Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Harry dan Meghan Markle Bakal Tetap Hadiri Penobatan demi Popularitas

Kompas.com - 06/04/2023, 10:35 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Sejumlah pakar kerajaan memprediksi Pangeran Harry dan Meghan Markle akan disisihkan oleh keluarganya jika tetap hadir dalam penobatan Raja Charles.

Mereka akan mengalami situasi penuh ketegangan berkat berbagai tudingan negatif yang dilontarkan ke publik selama ini.

Duke dan Duchess of Sussex memang belum memastikan kehadirannya namun apa pun pilihan keduanya dianggap tidak akan memberikan hasil menyenangkan.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Bakal Merugi jika Tak Hadiri Penobatan Raja Charles

"Ini benar-benar situasi serba salah untuk Sussex kecuali anggota keluarga lainnya tiba-tiba memutuskan untuk berbalik dan merangkul mereka," kata Christopher Andersen, penulis "The King," , dikutip dari Fox News.

"Saya tidak melihat itu terjadi. Terlalu banyak kepahitan di sana. Terlalu banyak jembatan yang telah terbakar," ujarnya.

"Jadi, jika Harry dan Meghan menghadiri penobatan, mereka hampir pasti akan dikesampingkan dan dijauhi," terang Andersen.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Mengaku Diundang Penobatan Raja Charles, tapi Masih Ogah Konfirmasi

"Jika mereka tidak pergi, sepertinya Harry mengabaikan hak lahirnya, keluarga kerajaan, dan institusi monarki itu sendiri."

Ia menambahkan, situasi ini sungguh tragis khususnya karena kedua belah pihak membiarkan kondisinya tidak terkontrol.

Pangeran Harry dan Meghan Markle menghadiri upacara pemakaman Ratu ElizabethRepro bidik layar via Twitter Pangeran Harry dan Meghan Markle menghadiri upacara pemakaman Ratu Elizabeth

Pakar hubungan masyarakat kerajaan, Edward Coram-James sebelumnya juga memperingatkan agar pasangan itu mempersiapkan diri karena bakal mendapatkan sikap dingin dari para bangsawan senior.

Momen penobatan Raja Charles akan menjadi pertemuan pertama antara pemimpin monarki itu dengan anak bungsunya setelah terbitnya biografi kontroversial, "Spare".

Baca juga: 8 Pengakuan Sensasional Pangeran Harry di Memoar Terbaru

"Di alam semesta di mana kerusakan yang telah disebabkan oleh keretakan masih dapat dipulihkan, setidaknya sebagian, ketidakhadiran akan menjadi pukulan yang fatal dan tidak dapat diubah, baik dalam persepsi publik maupun, berpotensi, seperti dalam keluarga itu sendiri," kata Coram-James.

"Itu berisiko menciptakan konflik dalam jangka panjang," pesannya.

Bakal tetap hadir demi popularitas

Terlepas situasi muram yang bakal terjadi, Kinsey Schofield, jurnalis yang kerap memberitakan kabar keluarga kerajaan meyakini Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap hadir di Westminster Abbey demi nilai jual mereka di media.

"Saya yakin bahwa Harry dan Meghan cukup cerdas untuk mengetahui bahwa hubungan mereka dengan keluarga kerajaan adalah nilai jual terkuat merek mereka," katanya.

"Jadi mereka harus menyerapnya dan memelihara elemen itu tidak peduli seberapa memar ego mereka."

Baca juga: 7 Detail Penobatan Raja Charles, Ada Artis yang Katanya Menolak Hadir

Pangeran William dan Kate Inggris, Putri Wales, kiri, dan Pangeran Inggris Harry dan Meghan, Duchess of Sussex melihat upeti bunga untuk mendiang Ratu Elizabeth II di luar Kastil Windsor, di Windsor, Inggris, Sabtu, 10 September 2022.AP PHOTO/ALBERTO PEZZALI Pangeran William dan Kate Inggris, Putri Wales, kiri, dan Pangeran Inggris Harry dan Meghan, Duchess of Sussex melihat upeti bunga untuk mendiang Ratu Elizabeth II di luar Kastil Windsor, di Windsor, Inggris, Sabtu, 10 September 2022.

Hal ini diperkuat dengan adanya sejumlah foto paparazzi settingan yang banyak beredar luas, membuktikan niatan aktris Suit itu untuk mendapatkan perhatian publik.

Di sisi lain, keluarga Kerajaan Inggris dianggap sebenarnya lebih lega jika pasangan tersebut tidak hadir.

"Keluarga Harry tidak mempercayai pasangan itu dan tampak tidak nyaman ketika mereka dekat. Brand Harry dan Meghan yang akan mendapat pukulan terbesar ... bukan hubungan mereka dengan keluarga mereka," ujar Schofield.

Baca juga: Pangeran Harry Ungkap Alasan Buka Rahasia Keluarga Kerajaan Inggris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com