Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2023, 19:33 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi penikmat konser dan festival musik, mungkin tahun ini menjadi tahun yang membahagiakan.

Betapa tidak, tahun ini rasanya sudah menjadi “musim konser,” terbukti dengan diumumkannya sejumlah konser dari musisi ternama, baik lokal, maupun mancanegara.

Namun, tentu saja harga tiket konser tidak bisa dibilang murah, sehingga perlu mempersiapkan keuangan agar bisa menontonnya.

Duardi Prihandiko selaku Head of Marketing Communications blu by BCA Digital pun mengatakan hal serupa.

“Dengan banyaknya kebutuhan dan keperluan di masa depan termasuk untuk keperluan hiburan, menabung jadi salah satu cara agar keuangan lebih terkontrol,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Selasa (16/5/2023)

Karena itulah blu by BCA Digital pun memberi beberapa tips untuk mengatur keuangan yang perlu dipersiapkan sebelum menonton konser.

Berikut daftarnya.

Lakukan budgeting

Harga tiket konser dan festival musik saat ini rata-rata menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Jadi bagi para penikmat konser yang mungkin akan menonton lebih dari satu konser dan festival musik, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan perencanaan keuangan atau budgeting.

Catat beragam keperluan yang akan dikeluarkan saat menonton konser, mulai dari harga tiket, persiapan OOTD, harga merchandise yang akan dibeli, hingga biaya akomodasi seperti penginapan dan kendaraan hingga biaya konsumsi nanti.

Perencanaan keuangan ini diperlukan agar kita memiliki gambaran berapa biaya yang dibutuhkan setiap konser dan festival musik.

Hal ini juga bisa jadi acuan kita untuk tidak ‘kalap’ atau menghabiskan uang diluar perencanaan sampai kehabisan uang di tengah jalan.

Selain itu, budget yang sudah dihitung ini nantinya juga bisa jadi perkiraan berapa uang yang harus disisihkan atau tabung sebelum konser berikutnya.

Pisahkan tabungan konser

Setelah mengetahui total budget yang diperlukan untuk menonton konser impian, kita perlu memperkirakan berapa lama dan berapa besar uang yang harus disisihkan setiap bulannya.

Budget ini sebaiknya juga tidak dicampur dengan keuangan lainnya, agar tidak tiba-tiba dipakai untuk kebutuhan lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com