Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2023, 09:45 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Setiap kita membuka Tiktok atau pun Reels di Instagram, besar kemungkinan kita akan mendengar penggalan "Ooohe!" dari lagu "Makeba".

Lagu yang dirilis tahun 2015 ini dinyanyikan oleh penyanyi Perancis, Jain. Potongan lagu ini kemudian menjadi viral setelah dipakai untuk gerakan dance di TikTok.

Saat ini sudah ada 1 juta video di TikTok yang menggunakan potongan lagu "Makeba". Kepopuleran lagu ini dimulai di sekitar Mei 2023 dan terus berlanjut sampai saat ini.

Walau bernada ceria dan dipakai untuk gerakan dansa nan energik, lagu Makeba sebenarnya penghormatan untuk aktivis terkenal dari Afrika Selatan, Miriam Makeba.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Makeba - Jain

Siapa Miriam Makeba

Makeba, yang juga lebih terkenal sebagai "Mama Afrika" adalah penyanyi, pencipta lagu, aktris, dan juga aktivitas hak-hak sipil di masa apartheid (politik rasialis) dari Afrika Selatan.

Penyanyi asal Afrika Selatan, Miriam Makeba.Los Angeles Times Penyanyi asal Afrika Selatan, Miriam Makeba.

Makeba memulai karier menyanyinya di tahun 1950an dan kebanyakan membawakan lagu bernuansa jazz dan Afropop bersama kelompoknya Manhattan Brothers serta kelompok penyanyi perempuan Skylarks.

Dia juga pernah tampil dalam film anti-apartheid berjudul "Come Back, Africa", yang mendapat banyak perhatian dan membuatnya muncul di dunia internasional.

Makeba kemudian hijrah ke kota New York, Amerika Serikat di tahun 1959 untuk melanjutkan karier musiknya dan mulai bekerja sama dengan Harry Belafonte.

Baca juga: Celine Dion Rilis Lagu Baru Setelah Didiagnosis Gangguan Saraf

Di tahun 1960 ibunda Makeba meninggal dunia. Ketika ia akan pulang untuk menghadiri pemakaman, Makeba baru mengetahui bahwa paspor Afrika Selatan miliknya telah ditarik.

Tahun tersebut menjadi awal dari masa 30 tahun pembuangannya. Ia lalu mulai mengangkat tema-tema politik dalam musiknya dan menjadi lebih vokal menentang apartheid yang diskriminatif terhadap orang kulit hitam di negaranya.

Karier musik Makeba sendiri sangat sukses. Ia pernah mendapat penghargaan Grammy.

Ketika era apartheid berakhir, tahun 1990 Makeba akhirnya bisa kembali pulang ke negaranya dan tinggal selama 6 hari. Tahun 1992 ia menggelar konser di Johannesburg, ibu kota Afrika Selatan.

Tahun 2008, Makeba mengalami serangan jantung saat sedang menyanyikan lagu terkenalnya "Pata Pata". Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia di usia 76 tahun.

Baca juga: Berakhirnya Politik Apartheid di Afrika Selatan

Ada pun lagu yang dibawakan Jain merupakan lagu yang menampilkan kekuatan dan semangat dari Makeba.

"Ooh wee, Makeba, Makeba, ma che bella. Can I get a ooh wee? Makeba. Makes my body dance for you".

"Nobody can beat the Mama Africa. You follow the beat that she’s gonna give ya. Only her smile can all make it go. The sufferation of a thousand more"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com