Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pesohor yang Tak Sengaja Melanggar Protokol Kerajaan Inggris

Kompas.com - 08/07/2023, 08:48 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Ada sejumlah protokol yang harus dipatuhi jika kita berjumpa dengan anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Salah satu aturan utama adalah dilarang menyentuh bagian tubuh bangsawan tersebut kecuali mereka melakukannya lebih dulu.

Namun ada sejumlah pesohor yang melakukan kontak langsung sehingga tergolong melakukan pelanggaran protokol kerajaan.

Baca juga: Pakai Kuteks Merah, Kate Middleton Langgar Protokol Kerajaan

Siapa saja mereka?

Roger Federer

Juara dunia tenis ini melakukan melanggar protokol kerajaan dengan menyentuh punggung Kate Middleton saat menyaksikan pertandingan Wimbledon, pekan lalu.

Ia bahkan tidak membungkuk atau melakukan jabat tangan kerajaan tradisional kepada Princess of Wales itu saat berjumpa di royal box.

Agaknya, ia lupa harus bersikap formal karena karena riwayat pertemanannya yang sudah cukup lama dengan istri Pangeran William itu.

Baca juga: Gaya Sporty Kate Middleton Main Tenis Lawan Roger Federer

Roger Federer adalah teman Pippa Middleton, adik Kate, selama bertahun-tahun yang juga menghadiri pernikahannya di tahun 2017.

Kedekatan itu juga membuatnya rela meluangkan waktu memberikan pelajaran tenis kepada Pangeran George.

Presiden Joe Biden

Presiden Amerika Serikat itu tidak membuka kacamata hitamnya saat berjumpa Ratu Elizabet di Kastil Windsor pada tahun 2021.

Situs web keluarga kerajaan memang tidak secara khusus menyatakan bahwa kacamata hitam dilarang dipakai dalam pertemuan formal namun dinilai melanggar tradisi.

Baca juga: Joe Biden Pakai Alat CPAP untuk Obati Sleep Apnea, Apa Itu?

"Jika Anda bertemu Ratu secara langsung, tidak ada kacamata hitam atau semacamnya sama sekali karena kontak mata cukup penting dengan perkenalan apa pun," kata Grant Harrold, yang menjabat sebagai kepala pelayan kerajaan untuk Pangeran Charles saat itu.

Presiden Donald Trump

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat berbicara dengan wartawan dalam penerbangannya setelah kampanye di Waco Regional Airport, Texas, 25 Maret 2023, untuk menuju West Palm Beach di Florida.AP PHOTO/EVAN VUCCI Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat berbicara dengan wartawan dalam penerbangannya setelah kampanye di Waco Regional Airport, Texas, 25 Maret 2023, untuk menuju West Palm Beach di Florida.
Mantan presiden AS ini bahkan melanggar cukup banyak protokol kerajaan selama kunjungannya ke Inggris pada 2018 dan 2019.

Misalnya ketika ia memilih jabat tangan daripada membungkuk dan berjalan mendahului Ratu Elizabeth di Kastil Windsor pada 2018.

Baca juga: Muncul Rekaman Video Putri Diana Saat Melanggar Protokol Kerajaan

Politikus kontroversial ini juga menyentuh punggung nenek Pangeran Harry itu saat jamuan kenegaraan di Istana Buckingham di tahun 2019.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com