Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Ketika Kerja Jadi Beban: Kenali Manfaat Bersyukur

Kompas.com - 13/07/2023, 11:22 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Ratu Siti Annisa dan Dr. Rostiana, M.Si, Psikolog*

BEKERJA adalah bagian penting dalam kehidupan kita. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada saat-saat ketika pekerjaan dapat menjadi beban berat.

Tekanan dan stres meningkat yang disebabkan terlalu banyaknya tanggung jawab, ketidakseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi, serta lingkungan kerja yang tidak sehat.

Berada di dalam ligkungan kerja yang tidak sehat dalam jangka waktu lama dapat memberikan dampak buruk sangat signifikan bagi kesehatan fisik dan mental serta membuat kita merasa terjebak dalam siklus melelahkan.

Dalam situasi seperti ini, ada satu solusi yang dapat membantu kita mengatasi beban tersebut, yaitu bersyukur.

Bersyukur didefinisikan sebagai kecenderungan orang untuk mengamati dan menghargai aspek positif di sekitar mereka (Wood et al., 2010), yang juga dapat menjadi sumber daya pribadi berharga bagi karyawan, karena dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk dapat beradaptasi dan berdampak baik bagi lingkungan kerja mereka.

Manfaat bersyukur di tempat kerja mempunyai hasil positif, seperti peningkatan kinerja dan kepuasan kerja atau peningkatan kesejahteraan (Cortini et al., 2019).

Bersyukur bukan hanya sekadar mengucapkan terima kasih untuk apa yang telah kita miliki, tetapi juga merupakan sikap mental yang mampu mengubah cara kita melihat situasi yang sulit.

Ketika kita berlatih bersyukur, kita belajar untuk melihat sisi positif dalam setiap situasi, bahkan dalam keadaan yang paling sulit sekalipun.

Salah satu manfaat utama dari bersyukur adalah mampu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Ketika kita fokus pada hal-hal yang kita miliki dan berterima kasih untuknya, pikiran kita akan teralihkan dari tekanan dan masalah pekerjaan yang sedang kita hadapi.

Kita akan lebih mampu melihat hal-hal yang berharga dalam hidup, seperti dukungan dari rekan kerja, kesempatan untuk belajar dan tumbuh, dan pencapaian-pencapaian kecil yang telah kita raih.

Selain itu, bersyukur juga membantu kita mempertahankan motivasi dan kepuasan dalam bekerja.

Dengan menghargai apa yang telah kita capai dan kesempatan yang kita dapatkan, kita akan memiliki motivasi lebih besar untuk terus berkembang dan mencapai tujuan-tujuan kita.

Saat bersyukur, kita akan melihat bahwa bekerja adalah kesempatan untuk tumbuh dan memberikan kontribusi berarti. Hal ini dapat mengubah persepsi kita terhadap pekerjaan dan membuatnya lebih bermakna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com