Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Ridwan Kamil Bikin Lukisan Mural, Dipajang di Pocari Run 2023

Kompas.com - 30/07/2023, 16:04 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anak perempuan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bikin karya unik berupa lukisan mural yang dipajang di Pocari Sweat Run Indonesia 2023 (Pocari Run).

Lukisan bertajuk "Around Bandung" buatan Camillia Zara itu menggambarkan seseorang laki-laki yang sedang berlari dan mengelilingi kota Bandung, Jawa Barat.

Melihat lukisan muralnya, di bagian sisi terdapat ilustrasi Gedung Sate yang menjadi titik start Pocari Run berlangsung.

Sedangkan di sisi lainnya menggambarkan gedung-gedung bertingkat yang mencirikan kota Bandung yang semakin modern.

Zara, sapaan akrabnya kemudian mencurahkan idenya melalui kanvas berukuran 3 X 4 meter yang dilukis dengan cat minyak menggunakan visualisasi perspektif 1 titik hilang.

Satu hal menarik dari lukisan mural ini adalah proses pembuatannya yang dilukis langsung dan memakan waktu lebih dari 55 jam.

"Zara sampai naik tangga untuk menggambar langsung dan mendesain lukisan ini,"

"Termasuk melukis di bawah terik matahari selama 5 jam," kata Ridwan Kamil dalam konferensi pers Pocari Sweat Run Indonesia 2023, di Bandung, Jawa Barat, Minggu (30/7/2023).

Baca juga: Pocari Sweat Run Indonesia 2023 Targetkan 30.000 Peserta 

Pelari berfoto ria di lukisan mural buatan anak Ridwan Kamil, Camillia Zara di Pocari Sweat Run Indonesia, Bandung, Minggu (30/7/2023). KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Pelari berfoto ria di lukisan mural buatan anak Ridwan Kamil, Camillia Zara di Pocari Sweat Run Indonesia, Bandung, Minggu (30/7/2023).

Melalui sejumlah keterangan yang tertera di samping lukisan itu, Zara menceritakan bahwa secara kebetulan dan tidak sadar, dirinya melukis sosok pria yang sedang berlari.

Ternyata sosok itu mirip seperti almarhum kakaknya Emmeril Kahn Mumtadz yang dulunya juga punya hobi berlari mengelilingi kota Bandung.

"Selain lukisan ini dibuat untuk Pocari Sweat Run 2023, secara tersirat juga menjadi tribute untuk almarhum kakak saya," tulis Zara dalam keterangannya.

Kehadiran lukisan mural berukuran besar di event lari ini pun cukup menarik perhatian para pelari dan peserta lain yang ikut serta di ajang ini.

Dilihat dari pantauan Kompas.com, lukisan ini sepertinya memang sengaja ditempatkan di dekat panggung utama dan beberapa spot foto lain, sehingga tidak sedikit orang pula yang turut berswafoto di area mural bikinan Zara.

Baca juga: Lukisan Mural Hiasi Dinding Parapet Sungai Bengawan Solo 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com