Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan di Pompeii, Italia Ungkap Awal Penemuan Pizza

Kompas.com - 01/07/2023, 19:07 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pizza adalah sajian makanan khas Italia yang sangat dikenal di seluruh dunia.

Sebelum populer di era modern, santapan roti pipih yang diberi topping ini memiliki sejarah panjang di baliknya.

Versi pizza yang ada sekarang ini diyakini ditemukan pada abad ke-19.

Namun beberapa waktu lalu, arkeolog menemukan gambaran pizza dalam fresko (lukisan pada dinding) Romawi di Pompeii, Italia.

Lukisan tersebut menunjukkan jika pizza kemungkinan sudah ada jauh sebelum abad ke-19.

Berdasarkan sebuah laporan, pizza dalam fresko itu berbeda dari versi modern karena beberapa bahan khas pizza --seperti tomat dan mozzarella-- tidak terlihat.

Focaccia atau quasi-pizza yang digambarkan dalam fresko tersebut disertai anggur, buah-buahan, adonan, dan rempah-rempah lainnya, yang ditata di atas piring perak.

Penemuan ini menjadi penting karena Pompeii dianggap memiliki sejarah yang relevan dengan kelahiran pizza, meskipun secara umum Napoli diakui sebagai tempat asal pizza yang kita kenal saat ini.

"Pompeii selalu mengagumkan," jelas Menteri Kebudayaan Italia, Gennaro Sangiuliano dalam sebuah pernyataan.

Fresko itu ditemukan dalam penggalian yang dilakukan di atrium bangunan kuno yang dulunya terhubung dengan sebuah toko roti.

"Saya membayangkan kontras antara hidangan sederhana yang mengingatkan kita pada kehidupan pedesaan yang suci dengan kemewahan nampan perak dan kehalusan karya seni dan sastra," kata Gabriel Zuchtriegel, direktur jenderal Taman Arkeologi Pompeii.

"Ketika memikirkan hal ini, bagaimana kita tidak bisa memikirkan pizza, makanan yang awalnya sederhana di Italia selatan yang kini sudah menaklukkan dunia dan disajikan di restoran bintang Michelin."

Fresko ini ditemukan di Insula 10, Regio IX, bersama sepertiga bagian lain dari Pompeii yang tertimbun akibat letusan dahsyat Gunung Vesuvius pada 24 Agustus 79 Masehi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com