Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Mempercepat Pemulihan Pasca Bedah Plastik Estetik

Kompas.com - 11/08/2023, 19:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masa pemulihan pasca bedah plastik estetik pada setiap orang sangat bervariasi.

Menurut para ahli, pemulihan bisa berlangsung lebih cepat atau lambat, tergantung pada kondisi kesehatan maupun kebiasaan yang dilakukan pasien sehari-hari.

Meski demikian, kita sebenarnya bisa mempercepat downtime atau waktu penyembuhan hingga benar-benar pulih total dan kondisi kulit kembali normal.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah beberapa tips mempercepat pemulihan pasca bedah plastik estetik yang disarankan ahli.

Baca juga: Wajah Liam Payne Beda karena Makin Tirus, Ini Kata Pakar Bedah Plastik

1. Mengonsumsi makanan bergizi dan tetap terhidrasi

Salah satu cara mempercepat pemulihan pasca bedah plastik adalah dengan menjaga makanan yang tetap bergizi dan bernutrisi, serta minum air yang cukup.

Dokter kecantikan, Dr Novrina Arifin, Dipl, AAAM, mengatakan, masa downtime memang bisa membuat pasien tidak nafsu makan karena rasa sakit yang dirasakan.

Tetapi, rasa sakit bisa dengan cepat teratasi bila pasien juga menjaga kondisi kesehatan dan meningkatkan sistem imunnya.

"Wajar kalau nafsu makan pasien menurun setelah operasi karena merasa sakit atau nyeri," kata Dr Novrina dalam acara konferensi pers peluncuran Klinik New Look di Jakarta, belum lama ini.

"Namun, hal-hal seperti makanan dan hidrasi tetap perlu diperhatikan untuk mempercepat pemulihan," ungkap dia.

2. Berpikir positif

Selain makanan dan hidrasi, penting juga untuk memiliki pikiran yang positif dalam upaya membantu pemulihan pasca bedah plastik.

Menurut seorang Otolaryngology dan pendiri sebuah klinik kecantikan di Gangnam, Seoul, Korea Selatan, Dr Song Hyungmin, masa downtime bisa segera pulih kalau pasien tidak stres dan tetap berpikir positif.

"Beberapa efek pasca operasi bisa menimbulkan bengkak atau ada juga yang memar sehingga membuat pasien merasa tidak percaya diri dan stres," kata dia.

Baca juga: 7 Bedah Plastik Terpopuler, Ubah Hidung sampai Hilangkan Perut Buncit

"Namun, saya selalu mengatakan kepada pasien saya untuk berpikir positif, tidak boleh stres, karena itu bisa berpengaruh ke daya tahan tubuh yang menyebabkan proses penyembuhan lama."

"Jadi, selalu berpikir positif dan segera kembali beraktivitas untuk mencegah stres dan meningkatkan sistem imun," jelas Dr Song.

3. Melakukan perawatan pasca bedah plastik

Novrina juga menyarankan agar pasien melakukan beberapa perawatan setelah melakukan bedah plastik estetik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com