Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Etika Potong Rambut ke Barbershop, Pria Wajib Tahu

Kompas.com - 14/08/2023, 14:22 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Tak hanya wanita, para pria juga perlu memikirkan penampilan rambutnya agar terlihat rapi dan menarik dengan mengunjungi barbershop.

Namun, perlu diketahui bahwa ada etika saat kita mengunjungi barbershop. Hal ini tak hanya akan membuat hubungan kita dengan penata rambut (barber) baik tapi juga akan membuat kita mendapatkan potongan rambut terbaik.

Berikut beberapa hal umum yang perlu diketahui saat mengunjungi barbershop.

Mandi

Hindari pergi ke barbershop setelah melakukan aktivitas yang membuat berkeringat. Pasalnya, hal ini tidak sopan dan terkadang menyinggung barber karena mereka harus sangat dekat dengan kita. 

Datang tepat waktu

Klien yang terlambat sering kali dapat membuat barber kewalahan untuk melayani klien berikutnya. Seorang stylist juga mungkin perlu berputar otak untuk menyelesaikan klien yang terlambat agar tidak menjadi efek domino untuk klien selanjutnya. Untuk itu, jika akan terlambat datang ke barbershop, teleponlah untuk memberi tahu mereka.

Baca juga: Upaya Menjadikan Barber sebagai Profesi Berkelas

Datang saat rambut kering

Sebaiknya kita datang ke barbershop dalam keadaan rambut yang bersih dan kering. Penata rambut biasanya ingin melihat bagaimana rambut kita sehari-hari untuk menciptakan gaya rambut yang sesuai pertumbuhan alami rambut.

Tahu potongan rambut apa yang kita inginkan

Bagian dari proses potong rambut adalah konsultasi dengan barber untuk memutuskan gaya rambut apa yang kita inginkan. Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan sangat jelas, lalu biarkan mereka melakukan pekerjaan mereka.

Baca juga: 10 Gaya Rambut Pendek Terbaik untuk Pria Tahun 2023

Duduk diam

Salah satu hal yang bisa saja membuat para penata rambut kesulitan adalah saat kliennya gelisah, terutama saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Duduk diam sangat penting untuk menghindari kesalahan.

Sering bergerak pada saat penata rambut menyelesaikan pekerjaannya dapat menghancurkan potongan rambut. 

Jauhi ponsel

Berkomunikasi dengan barber kita selama memotong rambut mungkin diperlukan. Hal ini tentu saja tidak bisa kita lakukan saat sedang menerima telepon.

Beberapa penata rambut bahkan menganggapnya tidak sopan, tetapi beberapa tidak keberatan. Jika kita tidak tahu, tanyakan saja. Tapi cobalah untuk mematikan ponsel saat memotong rambut di barbershop.

Berikan Tip

Penata rambut bergantung pada tip untuk sebagian besar pendapatan mereka, jadi pastikan untuk memberikan tip dengan baik. Mereka pasti mengingat tip yang bagus dan tip yang buruk dan akan melayani kita dengan baik.

Baca juga: Kenapa Potong Rambut di Barbershop Mahal? Mungkin Ini Alasannya

Bersikap baik

Bersikaplah ramah saat berada di barbershop. Barber adalah para profesional yang bekerja keras di mana mereka harus berdiri selama beberapa jam sehari. Mereka juga harus berurusan dengan berbagai jenis kepribadian klien setiap hari. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com