Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Lawan Rambut Rontok dan Ketombe dengan Kunyit

Kompas.com - 22/08/2023, 15:43 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kunyit bukan cuma memiliki manfaat sebagai bumbu masakan atau pun kesehatan, tetapi rimpang berwarna kuning ini juga memiliki manfaat luar biasa bagi rambut.

Kandungan kimia yang dikenal sebagai kurkumin dalam kunyit membuat tanaman ini memiliki sifat-sifat yang bermanfaat seperti anti-inflamasi, anti-oksidan, antibakteri, dan bahkan anti-kanker.

Manfaat kunyit untuk rambut

Melawan ketombe

Kunyit memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan dan melawan bakteri pada rambut. Hal ini dapat membantu mengurangi masalah ketombe.

Jika ketombe tidak diobati dengan baik, ini bisa berujung pada kerontokan rambut. Kunyit bekerja untuk menjaga kulit kepala tetap sehat, hal ini sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut yang baru.

Baca juga: Awas, Stres Ekstrem Bisa Menyebabkan Ketombe

Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Kemampuan alami kunyit yang menenangkan dan anti-inflamasi membantu mengatasi masalah iritasi pada kulit kepala.

Hal ini berbeda dengan produk-produk lain yang menggunakan bahan tambahan buatan. Kunyit adalah tambahan alami yang sangat menguntungkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut yang sehat.

Bermanfaat untuk kulit kepala yang berminyak

Sifat anti-inflamasi dan kemampuan melawan mikroba dari kunyit membuatnya sangat cocok untuk merawat rambut dan kulit kepala yang berminyak.

Kualitas melawan mikroba ini membantu menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang sering ditemui pada kulit kepala berminyak.

Baca juga: Cara Mengatasi Ketombe Berminyak yang Berkerak di Kulit Kepala

Mengurangi kerontokan rambut

Kekuatan anti-inflamasi kunyit memiliki manfaat besar dalam mengurangi kerontokan rambut karena dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Sebagian besar kerontokan rambut, disebabkan oleh peradangan. Dengan mengurangi peradangan, dampak dari pola kerontokan rambut atau kerontokan rambut yang disebabkan peradangan pada kulit kepala dan folikel rambut dapat dikurangi.

Perlindungan rambut dari faktor lingkungan

Radikal bebas memiliki potensi merusak rambut, kulit kepala, dan kulit. Namun, salah satu alasan utama mengapa antioksidan seperti kunyit sangat bermanfaat adalah kemampuannya melawan efek buruk ini. Sebagai hasilnya, folikel rambut mendapatkan perlindungan dari molekul berbahaya.

Baca juga: 8 Penyebab Rambut Rontok dan Solusinya

Bagaimana cara menggunakan kunyit untuk rambut?

Sebagai sampo

Salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan manfaat kunyit dalam perawatan rambut adalah dengan menggunakan sampo yang mengandung kunyit.

Sebagai masker

Dengan mencampurkan minyak zaitun dan kunyit dalam proporsi yang sama, kita dapat membuat masker kunyit sendiri. Jika ingin memberikan kelembapan ekstra, campurkan sedikit madu.

Usapkan masker ini merata pada rambut dan diamkan selama 15 hingga 20 menit agar nutrisinya meresap ke dalam rambut. Kemudian, gunakan sampo dan kondisioner untuk membilas dan membersihkan rambut.

Perawatan kulit kepala

Untuk menjaga kesehatan kulit kepala, coba campurkan kunyit dengan minyak esensial seperti lavender untuk hasil perawatan yang menenangkan.

Baca juga: Benarkah Kunyit Bisa untuk Mengobati Masalah Asam Lambung?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com