Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunyit hingga Teh Hijau, Ini 7 Asupan yang Bikin Panjang Umur

Kompas.com - 11/07/2023, 11:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penuaan memang tidak dapat dihindari, namun ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu membuat hidup lebih sehat dan umur yang lebih panjang.

Faktanya, penelitian membuktikan bahwa cara kita menua tidak terlalu dipengaruhi oleh genetika dan lebih banyak berada dalam kendali kita daripada yang kita sadari.

Hal ini termasuk memperhatikan kebiasaan makan yang sudah ada dan memilih lebih banyak makanan untuk hidup lebih lama.

Ketika berbicara tentang umur panjang, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

"Kuncinya adalah menghindari makanan olahan, yang sering kali mengandung lemak, gula, dan natrium yang tidak sehat dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan."

Demikian penuturan Anant Vinjamoori, MD, kepala petugas medis Modern Age.

"Pola makan yang kaya akan beragam makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, dikaitkan dengan masa hidup yang lebih panjang dan lebih sehat."

"Makanan ini juga menyediakan banyak fitokimia dan flavonoid, senyawa yang menunjukkan sifat antioksidan, antiinflamasi, serta antikarsinogenik," jelasnya.

Baca juga: 4 Alasan Minyak Zaitun Menyehatkan dan Bikin Panjang Umur

Daftar asupan yang bikin umur panjang

Dan meskipun tidak ada makanan tunggal yang secara ajaib dapat memperpanjang usia, ada banyak makanan yang dapat kita konsumsi dalam kombinasi satu sama lain untuk membantu mengurangi risiko penyakit dan mendukung kita hidup lebih lama.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak daftar asupan yang dapat membantu kita hidup lebih sehat dan panjang umur, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Kacang-kacangan

Aneka kacang-kacangan yang baik untuk penderita darah rendahDNA India Aneka kacang-kacangan yang baik untuk penderita darah rendah
Baik kacang almond, kacang tanah, hazelnut, pistachio, atau kombinasinya, kacang-kacangan adalah makanan yang sehat dan juga dapat membantu kita panjang umur.

Studi Predimed yang terkenal, sebuah uji coba intervensi nutrisi jangka panjang yang besar, mengamati penurunan yang signifikan dalam risiko kejadian kardiovaskular utama di antara mereka yang mengonsumsi makanan Mediterania yang dilengkapi dengan kacang-kacangan campuran dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Kelompok yang mengonsumsi kacang-kacangan memiliki risiko kematian 39 persen lebih rendah.

"Kacang-kacangan kaya akan lemak tak jenuh (bentuk lemak yang sehat), serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral tertentu yang secara kolektif meningkatkan kesehatan jantung, membantu mengendalikan berat badan, dan meningkatkan umur panjang," kata Vinjamoori.

Baca juga: 5 Kacang-kacangan yang Membantu Cegah Penuaan Dini dan Awet Muda

2. Kunyit

Ilustrasi kunyit, salah satu bahan alami yang bisa diolah menjadi fungisida organikstevepb Ilustrasi kunyit, salah satu bahan alami yang bisa diolah menjadi fungisida organik
Menurut Vinjamoori, kunyit adalah bahan pokok dalam makanan Asia yang mengandung kurkumin, sebuah senyawa bioaktif dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com