Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2023, 08:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi atau teh hijau, ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan.

Kebiasaan mengonsumsi kafein ini juga telah lama dipraktikkan oleh penduduk Zona Biru (Blue Zone), yang dikenal sebagai orang-orang berumur panjang.

Para ahli gizi pun mencoba memaparkan manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari kafein dan bagaimana kebiasaan orang-orang di Zona Biru mengonsumsinya agar panjang umur.

Kafein bikin panjang umur

Menurut seorang ahli gizi yang berbasis di Brooklyn, Maddie Pasquariello, MS, RDN, kafein dianggap dapat menurunkan berbagai risiko penyakit kronis.

Misalnya, penyakit neurologis seperti alzheimer, serta kondisi lain seperti asma, penyakit hati, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, kanker hati, endometrium, dan kanker prostat.

Baca juga: Radio Taiso, Rahasia Panjang Umur Orang Okinawa

Secara khusus, kopi tidak hanya menjadi minuman pokok di tiga Zona Biru, tetapi juga bagi sekitar satu miliar orang di seluruh dunia.

Pasquariello mengatakan bahwa potensi manfaat kafein untuk meningkatkan umur dianggap sangat umum di kalangan orang dewasa yang mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang setiap hari.

Namun, bagi penduduk di Zona Biru Okinawa, Jepang, mereka banyak mendapatkan asupan kafein melalui teh hijau.

Berdasarkan penelitian besar-besaran terhadap hampir 500.000 partisipan di Inggris (yang tidak termasuk dalam Zona Biru), kedua minuman ini menawarkan kafein dan asam klorogenat.

Semuanya itu memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menurunkan tekanan darah, resistensi insulin, serta meningkatkan fungsi endotel.

Lalu --yang paling penting, para peneliti menemukan bahwa minum satu cangkir kopi atau tiga cangkir teh hijau setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian terendah.

Sementara itu, pola makan harian yang mencakup satu atau dua cangkir kopi dan dua hingga empat cangkir teh hijau dikaitkan dengan risiko kematian 22 persen lebih rendah.

Kebiasaan penduduk Zona Biru mengonsumsi kafein

• Semenanjung Nicoya di Kosta Rika: Mengencerkan kopi

Pakar Zona Biru dan pakar umur panjang, Dan Buettner mengungkapkan bahwa penduduk Nicoya di Kosta Rika lebih sering menikmati kopi yang lebih encer sepanjang hari.

Dengan kata lain, mereka tidak hanya mengandalkannya untuk mendapatkan suntikan energi yang cepat.

Baca juga: Riset Ungkap Asupan Taurin Jadi Resep Panjang Umur

Lantas, bagaimana cara ini dapat mendorong kesehatan yang baik?

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com