Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2023, 15:34 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Gaya hidup modern turut membawa perubahan signifikan dalam cara orang Indonesia merawat diri.

Saat ini banyak orang mulai menyadari pentingnya merawat tubuh demi memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Berbagai merek personal care dan kecantikan dari luar negeri maupun lokal mengalami pertumbuhan pesat kategori di industri e-commerce.

Misalnya saja di platform belanja online Lazada Indonesia, pertumbuhan belanja di kategori Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) yang mencakup produk personal care dan kecantikan meningkat sebesar 9,9 persen YoY di tahun 2023.

Lia Kurtz, Category Director, LazMall FMCG, Lazada Indonesia mengatakan, kategori FMCG merupakan kategori yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Ia mengatakan, orang Indonesia saat ini rata-rata memiliki lebih dari dua produk perawatan diri. 

"Sekitar 10 sampai 12 tahun lalu mungkin hanya punya pembersih wajah dan bedak. Sekarang, rata-rata bisa sampai 15 produk," kata Lia saat ditemui di konferensi pers LazMall Mega Sale 9.9, di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: Buat Orangtua, Ini Tips Praktik Mindfulness untuk Merawat Diri 

Kategori FMCG di LazMall Indonesia sendiri telah mencatat peningkatan konsumen yang berbelanja sebanyak 4,5 kali lipat dengan jumlah order sebanyak 3,5 kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

Berdasarkan data internal, hal itu pun membuktikan kalau masyarakat Indonesia kini lebih peduli dengan perawatan diri dan juga kecantikan.

"Kalau sekarang coba lihat produk perawatan apa yang ada di rumah. Skincare dan make up paling tidak ada 5 item di rumah. Ada pelembap, serum, krim, toner, lipstik dan lain-lain,"

"Berbagai brand juga terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan itu saat ini," lanjut Lia.

Ilustrasi menggunakan sunscreenUnsplash Ilustrasi menggunakan sunscreen

Di tahun 2023, Lazada Indonesia juga mencatat dua perkembangan produk perawatan diri yang makin diminati masyarakat dan diprediksi bakal terus berkembang, yaitu tabir surya dan parfum.

Meningkatnya kesadaran untuk merawat diri mendorong munculnya brand-brand produk personal care dan beauty lokal dengan kualitas yang baik.

"Parfum dan sunscreen itu seperti the next level-nya personal care dan beauty. Melihat peminatnya terus bertumbuh, tentu hal ini dapat menjadi indikasi kalau perkembangan industri ini sudah semakin pesat," pungkas Lia.

Baca juga: International Self-Care Day, Apa Pentingnya Merawat Diri? 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com