Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengobatan Rumahan untuk Menyembuhkan Penyakit Maag

Kompas.com - 19/09/2023, 22:19 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline


KOMPAS.com - Penyakit maag adalah salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi. Meskipun sering dianggap sepele, maag bisa menjadi sumber ketidaknyamanan yang serius bagi banyak orang.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit maag, salah satunya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori.

Penyebab umum lainnya termasuk stres, merokok, minum alkohol berlebihan, dan penggunaan obat antiinflamasi seperti aspirin dan ibuprofen.

Namun, ada beberapa pengobatan alternatif untuk menyembuhkan penyakit maag.

Baca juga: Apakah Stres Dapat Menyebabkan Sakit Maag?

Jus kubis

Kubis telah lama diakui sebagai pengobatan alami yang efektif untuk sakit maag. Bahkan sebelum antibiotik tersedia, para dokter telah menggunakannya dalam beberapa dekade terakhir untuk membantu penyembuhan sakit maag.

Kubis mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang telah terbukti bermanfaat dalam mencegah serta mengatasi infeksi H. pylori yang menjadi penyebab utama sakit maag.

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi jus kubis segar setiap hari dapat membantu dalam penyembuhan sakit maag secara lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan konvensional yang ada saat itu.

Penelitian lain juga menunjukkan sekitar 81 persen dari 100 peserta yang mengalami sakit maag, dan sebelumnya gagal mendapatkan hasil dari pengobatan konvensional, mengalami perbaikan dalam waktu seminggu setelah mengonsumsi jumlah jus kubis yang sama.

Licorice

Beberapa penelitian mengindikasikan, akar licorice dapat memiliki sifat pencegah dan pengobatan terhadap masalah maag.

Licorice dapat merangsang lambung dan usus untuk memproduksi lebih banyak lendir yang dapat membantu melindungi lapisan lambung dan mempercepat proses penyembuhan, serta mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh maag.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan senyawa-senyawa tertentu yang ada dalam licorice dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri H. pylori.

Namun, perlu diingat belum ada kejelasan mengenai berapa jumlah akar licorice kering yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat yang signifikan.

Jadi, pemakaian licorice sebaiknya dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

Penting juga untuk diingat bahwa beberapa penelitian telah melaporkan hasil yang tidak konsisten. Ini berarti penggunaan licorice sebagai pengobatan maag mungkin tidak berhasil dalam semua kasus.

Selain itu, licorice dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu dan menyebabkan efek samping seperti nyeri otot atau mati rasa pada ekstremitas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com