Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Tate x Dr. Martens Rayakan Karya Surealis Itell Colquhoun

Kompas.com - 02/10/2023, 13:57 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Dunia seni dan mode sama-sama penuh kreativitas, dan karenanya perpaduan keduanya akan selalu menghasilkan produk yang menarik.

Cobalah tengok kolaborasi antara Tate --kelompok museum seni di Britania Raya-- dengan Dr. Martens, brand sepatu ikonik dari Inggris, yang menghasilkan alas kaki dengan sentuhan seni.

Tate sendiri memiliki museum utama seperti Tate Modern, Tate Britain, Tate Liverpool, dan Tate St Ives, yang menampilkan seni dari seluruh dunia, mulai dari seni kontemporer hingga seni klasik.

Nah, kolaborasi Tate x Dr. Martens adalah perayaan atas keberanian seorang seniman surealis Inggris bernama Ithell Colquhoun.

kolaborasi Tate x Dr. Martens kolaborasi Tate x Dr. Martens
Colquhoun memberikan pengaruh yang signifikan pada gerakan seni internasional pada akhir tahun 1930an dan setelahnya, lewat lukisannya yang menggambarkan eksplorasi alam.

Untuk menghormati warisan seni Colquhoun, Dr. Martens menjadikan sepatu boot ikonik mereka, model 1460, sebagai kanvas untuk memindahkan lukisan Colquhoun.

Boot 1460, yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1960, dengan ciri khas 8 lubang tali ini hadir dalam dua versi.

Yang pertama menggunakan tone warna cerah seperti hijau, merah, dan kuning melengkapi warna dasar sepatu, menciptakan tampilan yang penuh gaya dengan grafis eksplosif yang menyebar di seluruh bagian sepatu, berdasarkan lukisan berjudul Volcanic Flare.

Sedangkan sepatu kedua dari kolaborasi ini diwarnai hitam dan putih yang mencerminkan lukisan Example of Decalcomania Technique dari Colquhoun.

kolaborasi Tate x Dr. Martens kolaborasi Tate x Dr. Martens
Sol karet khas Dr. Martens dan jahitan kuning klasik yang melengkapinya, menambah kesan menarik.

Selain sepatu boot, kolaborasi Tate x Dr. Martens juga mencakup tas ransel kulit yang menggabungkan warna-warna dari kedua sepatu tersebut dengan aksen hitam yang mencolok dan tanda brand berbahan metalik.

Koleksi ini sudah terlihat di beberapa butik Dr. Martens di Indonesia bagi mereka yang ingin menghadirkan sentuhan seni di alas kakinya.

Baca juga: Ombak Besar di Kanagawa pada Sepatu Dr Martens

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com