Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 19:26 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ombak Besar di Kanagawa atau The Great Wave off Kanagawa, juga dikenal dengan nama Ombak Besar atau Sang Ombak, adalah sebuah lukisan pada balok kayu karya seniman ukiyo-e Jepang Katsushika Hokusai.

Lukisan Sang Ombak yang kemungkinan dibuat pada akhir tahun 1831 pada akhir zaman Edo ini barangkali adalah lukisan paling terkenal dari Jepang.

Kita bisa menemukan salinannya di mana-mana, baik dalam bentuk tattoo di badan seseorang, hiasan dinding, cetakan di baju atau t-shirt, arloji, hingga pada sepatu dan tas.

Nah, salah satu yang mengadopsi lukisan itu adalah Dr Martens dalam kolaborasi dengan The Met.

Dr Martens mengatakan bahwa karya Hokusai melampaui struktur kelas dan batas geografis, sekaligus menantang elitisme. Koleksi ini merupakan penghormatan kepada karya Hokusai yang terkenal di kanvas baru: sepatu dan tas Dr Martens.

Baca juga: Tengok Gaya Rebel Dr. Martens X The Clash

Ombak Besar di Kanagawa atau The Great Wave off Kanagawa, karya seniman ukiyo-e Jepang Katsushika Hokusai pada sepatu dan tas Dr MartensKompas.com/Wisnubrata Ombak Besar di Kanagawa atau The Great Wave off Kanagawa, karya seniman ukiyo-e Jepang Katsushika Hokusai pada sepatu dan tas Dr Martens
Lukisan Sang Ombak bisa kita saksikan tercetak pada sepatu boots Met 1460 yang berbahan kulit dengan tekstur butiran halus yang dirancang untuk meniru kanvas. Sepatu ini juga diberi detail lubang tali emas antik dan tali tonal dengan ujung warna emas.

Gambar Ombak Besar ini juga dipakai dalam ransel kulit Dr Martens, dan dicetak dengan tulisan 'The Great Wave'.

Selain lukisan Sang Ombak, Dr Martens juga menghadirkan karya lain dari Hokusai yang menggambarkan Gunung Fuji.

Kali ini karya tersebut dicetak untuk seri sepatu 1461, menggunakan kulit berbutir yang sama. "Fuji dilihatdari Gotenyama di Shinagawa di Tokaido" menunjukkan kerumunan orang yang berkumpul bersama untuk piknik di bawah bunga sakura di Gotenyama.

Sepatu ini juga menampilkan tali tonal dengan detail emas antik dan diakhiri dengan jahitan warna kuning khas Dr Martens.

Sayangnya edisi terbatas ini tidak masuk dalam jumlah banyak di Indonesia dan hanya terbatas di gerai Dr Martens tertentu.

Baca juga: Koleksi Terbaru Dr. Martens, Terinspirasi Empat Kota di Dunia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dr. Martens (@drmartensofficial)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.